Beranda Berita Daerah Wartawan CE Ikuti Pelatihan Dewan Pers

Wartawan CE Ikuti Pelatihan Dewan Pers

26
0
IST/CE Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan Dewan Pers via aplikasi Zoom pada Senin (22/2) kemarin.

CE ONLINE – Wartawan Curup Ekspress pada Senin (22/2) kemarin mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Dewan Pers. Pelatihan ini dilakukan sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Provinsi Bengkulu pada tanggal 1-3 Maret mendatang.

Adapun pelatihan jurnalistik yang digelar virtual melalui aplikasi zoom dengan 3 materi. Materi pertama berkaitan dengan Filosofi Jurnalisme oleh Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo. Kemudian materi kedua, yakni berkaitan dengan materi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Hukum Pers oleh Irsad. Serta materi ketiga, berkaitan dengan Teknik Wawancara dan Penulisan Berita oleh Irmanto.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Sudibyo yang mengisi materi Filosofi Jurnalisme mengatakan bahwa saat ini yang menjadi tantangan adalah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dimana secara tidak langsung, juga berdampak pada perusahaan pers.
“Dimana untuk tetap bertahan, ada beberapa point yang harus dilakukan. Seperti Jurnalisme berkualitas, penegakan etika jurnalistik, diferensisasi produk, kedekatan dengan pembaca serta lokalitas,” ujarnya.

Sementara itu, Irsad yang mengisi materi Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers mengatakan bahwa kedua point tersebut penting dipahami oleh wartawan. Dimana kode etik jurnalistik inilah yang akan menjadi pedoman dalam melakukan tugas-tugas jurnalistik.
“Karena jika keluar dari kode etik jurnalistik, wartawan bisa saja di kemudian hari bisa berurusan dengan hukum. Sehingga kode etik jurnalistik perlu dipahami oleh wartawan saat melakukan peliputan,” sampainya.

Kemudian materi terakhir disampaikan oleh Irmanto berkaitan dengan Teknik Wawancara dan Penulisan Berita. Dimana dalam kesempatan tersebut, Irmanto menjelaskan beberapa point khususnya terkait beberapa teknik wawancara. Mulai dari rencana liputan, wawancara narasumber hingga terkumpulnya bahan berita untuk dilanjutkan pada penulisan berita.
“Jadi sebelum melakukan wawancara, ada beberapa teknik yang harus dipahami oleh wartawan. Karena ada beberapa teknik disana mulai, dari wawancara langsung, wawancara jumpa pers hingga wawancara doorstop,” katanya.

Sementara itu, Irmanto menyebut jika wartawan memahami itu pihaknya meyakini wartawan bisa mengemas berita semenarik mungkin dan berdasarkan kepentingan masyarakat. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: