Transaksi Non Tunai Mulai Berlaku

Ilustrasi

LEBONG, CE – Kepala Bagian Keuangan Daerah (BKD) Lebong Wuwun Mirza melalui Kepala Bidang Perben, Rafi Nala SE menjelaskan salah satu upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah dan pemberantasan korupsi, Pemkab Lebong akan menerapkan sistem transaksi non tunai. Peneratapannya direncanakan pada tahun 2019 mendatang.
“Transaksi dimaksud diantaranya penerimaan daerah yang dilakukan oleh bendahara penerimaan atau bendahara penerimaan pembantu dan pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu. Kita akan lakukan di 2019 mendatang,” sampai Rafi.
Dirinya juga membenarkan memang program tersebut sudah diluncurkan dan sudah diedarkan suratnya ke setiap Kabupaten/Kota sejak beberapa tahun lalu. Dan menurut Rafi mereka menerima surat tersebut awal tahun 2018 lalu namun sampai dengan saat ini mereka masih belum siap untuk menerapkannya.
“Kita akan mengusahakan tahun depan dapat diterapkan di Kabupaten Lebong, tapi mungkin belum sepenuhnya, masih bertahap,” kata Rafi. Menurutnya akan mempelajari apa saja unsur pendukung untuk pelaksanaan program tersebut dan mereka sudah pernah melakukan study banding ke daerah Bantul, Jawa Barat untuk mempersiapkan segala sesuatunya.
“Nantinya penerapan akan dilakukan secara bertahap,” tambahnya.
Lebih jauh jelaskanya Pemerintah Kabupaten Lebong sebenarnya telah mengimplementasikan transaksi non tunai seperti pembayaran gaji PNS,TPP pegawai,pembayaran kepada pihak ketiga/rekanan melalui mekanisme LS3 dan pembayaran belanja hibah dan bantuan sosial.Sejauh ini pihaknya masih mempelajari apa saja yang harus disiapkan dan semoga saja di tahun depan (2019) dapat diterapkan di Kabupaten Lebong, perubahan sistem transaksi tersebut tentu ada tantangan, untuk itu diperlukan unsur-unsur pendukung, diantaranya regulasi, SDM, sistem informasi terintegrasi, dan koordinasi dengan perbankan serta pengawasan pelaksanaannya.
”Untuk tahun ini kita masih fokus menyiapkan segala sesuatu yang di perlukan dalam menjalankan program tersebut,” tandasnya.( CW7)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.