TP PKK Gelar LBS Tingkat Kabupaten RL, Cegah Stunting Menuju Generasi Bangsa Berprestasi

HABIBI/CE AKRAB : Ketua TP PKK saat memberikan bola kepada para Balita pada LBS tingkat Kabupaten RL kemarin
HABIBI/CE
AKRAB : Ketua TP PKK saat memberikan bola kepada para Balita pada LBS tingkat Kabupaten RL kemarin

CURUP, CE – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Rejang Lebong, Senin (17/6) pagi menggelar Lomba Balita Sehat (LBS) tingkat Kabupaten di Gedung STIPER RL. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara TP PKK dan Dinas Kesehatan (Dinkes) RL dalam rangka hari jadi Kota Curup yang ke 139. Di sisi lain, kegiatan LBS kemarin mengambil tema cegah stunting, menuju generasi bangsa berprestasi.
Ketua TP PKK RL, Ny Fitri Hertikasari Hijazi SE mengatakan bahwa kegiatan LBS rutin dilakukan dan dilatakan setiap tahun dalam peringatan hari jadi Kota Curup. Melalui kegiatan ini, Bunda sapaan akrab istri Bupati tersebut berharap balita-balita bertumbuh kembang dan tubuh seimbang. Selain itu, kegiatan tersebut juga difokuskan pada pencegahan stunting pada balita.
“Dari pusat, masalah stunting juga harus disosialisasikan. Jangan sampai banyak lagi bayi-bayi yang tumbuhkembangnya tidak terkontrol. Baik dari asupan makanan, gizi sehingga kurang diperhatikan. Sehingga bisa menyebabkan bayi terkena stunting. Karena usia dari 0-5 tahun harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi stunting,” sampai Bunda.
Disampaikan Bunda, kegiatan LBS yang dilaksanakan kemarin diikuti 90 peserta dari 21 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten RL. Menurutnya, 90 peserta atau bayi-bayi yang ikut dalam LBS tersebut merupakan bayi pilihan yang sudah juara di tingkat Desa. Melihat dari itu, tentunya peserta tersebut sudah memenuhi syarat dan kriteria.
“Seharusnya peserta hari ini (kemarin, red) bisa lebih banyak, per Puskesmas minimal mengirim 6 peserta. Namun karena ada peserta yang tidak masuk kriteria, sehingga Puskesmas 2 sampai 3 orang,” kata Bunda.
Lanjut Bunda, mereka yang menjadi pemenang selanjutnya akan dikirim pada LBS tingkat Provinsi dan akan diadu dengan peserta dari seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Bengkulu. Tahun kemarin, LBS untuk Kabupaten RL berhasil menjuarai juara 3 tingkat Provinsi. Namun untuk tahun ini, mudah-mudahan LBS bisa kita raih peringkat 1.
“Kita berharap bayi-bayi di Rejang Lebong terhindar dari stunting dan bayi-bayi di RL bisa tumbuh kembang dan dapat menjadi penerus bangsa berprestasi,” ujar Bunda.
Sementara itu, Plt Kepala Dinkes RL Syamsir SKM MKM mengatakan bahwa perkembangan otak dan tubuh bisa seimbang sesuai dengan umurnya. Oleh karena itu, pihaknya mengajak agar para orang tua lebih memperhatikan agar para bayinya tidak terkena stunting.
“Mewujudkan bayi berkualitas, jangan sampai terkena stunting,” pungkasnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati RL H Iqbal Bastari SPd MM, Plt Kadinkes RL Syamsir SKM MKM, Wakil Ketua II PKK RL Ny Nilawati Denni, Juri LBS dan peserta didampingi para orang tua. (CE5)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.