Beranda Berita Daerah Surat Edaran Panduan Ibadah saat Ramadhan, Jemaah Salat di Masjid Dibatasi Untuk...

Surat Edaran Panduan Ibadah saat Ramadhan, Jemaah Salat di Masjid Dibatasi Untuk 50% Kapasitas Daya Tampung

7
0

CE ONLINE– Kantor Kementrian Agama (Kemeng) Rejang Lebong, menyampaikan jika untuk jumlah jemaah dimasjid pada saat bulan ramadhan hanya dibatasi untuk 50% kapasitas daya tampung masjid.

Hal ini setelah pihaknya menerima SE Kemenag RI Nomor 03 Tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadhan dan idul fitri 1442 hijriah atau tahun 2021 masehi ini.
“Suratnya sudah kita terima seluruhnya lengkap ada didalam panduan untuk ibadah, dan surat ini sudah kita teruskan ke seluruh masyarakat,” sampai Kakan Kemenag Rejang Lebong H Nopian Gustari, SPd I MPd I, kemarim di Rejang Lebong.

Adapun yang disebutkannya ibadah dimasjid sendiri meliputi salat tarawih dan witir, salat fardi lima waktu, tadarus al quran dan Iktikaf, peringatan nuzulul quran, dilakukan hanya untuk 50 % kapasitas, ditambah dengan seluruh peralatan salat dibawah masing – masing jemaah dari rumah mereka, serta tetap meminimalisir potensi kemungkinan penyebaran covid 19 dengan menerapkan 5 M.
“Dimana bukan hanya kapasitas, namun untuk kultum juga hanya dibatasi untuk disampaikan 15 menit saja,” jelasnya.

Dalam SE itu sendiri petugas masjid diminta untuk memastikan seluruh jamaah menerapkan prokes seusai dengan aturan dan seruan pemerintah pusat maupun daerah.
“Keluarnya SE tersebut sendiri hal ini didasari saat ini masih menderanya pandemi covid-19 di Rejang Lebong, dimana saat ini masih ada yang terus terkonfirmasi baik di Rejang Lebong maupun diwilayah lain, terbitnya SE ini mencegah rumah ibadah menjadi salah satu wadah kemungkinan penyebaran covid 19 bisa terjadi. Pasalnya seluruh umat Islam berbondong – bondong untuk menunaikan ibadahnya. Ibadah silahkan dijalankan, dan untuk prokes silahkan dipatuhi, serta kita bersama menjalankan puasa dengan khidmatnya,” pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: