Senin, Sembako APBD Kembali Disalurkan

Senin, Sembako APBD Kembali Disalurkan
Senin, Sembako APBD Kembali Disalurkan

LEBONG, CE – Bantuan sosial (Bansos) berupa sembako yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong, bagi yang masyarakat/warga yang terdampak pandemi Covid-19, dipastikan Senin, (29/06) mendatang akan mulai disalurkan. Diketahui belum tersalurnya bantuan kepada keluarga pemerima manfaat, terkendala dengan belum selesainya validasi data dari kecamatan dan desa/kelurahan serta administrasi lainnya, semua telah selesai. Bahkan, saat ini yang menjadi terhambatnya penyaluran itu, juga dikarenakan belum siapnya bahan sembako yang akan diterima keluarga penerima manfaat.
Dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong Reko Haryanto SSos MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial Yasir Hadibroto megatakan,
menyangkut belum tersalurnya bansos setelah launching yang sudah dilakukan di Kecamatan Lebong Sakti lalu. Seluruh data dari sebelas kecamatan yang belum tersalurkan kemarin sudah pick dan klir atau sudah selesai.
“Ya, seluruh data dari sebelas kecamatan belum tersalurkan itu sudah fix atau sudah selesai dan kita sudah menerima dengan lengkap. Untuk jadwal penyaluran berikutnya kita mulai pada Senin 29 Juni besok. Kita mulai dari Kecamatan Uram Jaya dan Kecamatan Amen,” ungkapnya.
Dijelaskan karena kenapa jadwal tersebut ia jadwalkan karena terkait dengan kesiapan dari pihak penyedia barang atau bahan pangan (sembako, red). Yakni, kesiapan penyedia menyangkut material beras, indomie minyak goreng dan gula tersebut. Jadi, kata dia, menurut pihak penyedia (CV) bahwa terkait penyaluran itu masih sedikit terkendala di kesiapan mereka (penyedia, red) di produk indomie goreng. Karena informasi yang telah diterima pihaknya dari direktur CV mendapat kendala pada kesediaan indomie, bahwa indomie itu untuk PO lebih dari 2000, stok mereka hanya bisa menjangkau per tiga hari.
“Jadi untuk estimasi awal PO kita lakukan hari ini dan estimasi penyaluran kita lakukan pada hari Senin besok,” ujarnya.
Terkait dengan kesiapan indomie dari pihak penyedia, dirinya memastikan, sesuai informasi dari pihak penyedia Senin pagi sudah menyiapkan stok indomie sesuai yang mereka miliki.
“Sedangkan untuk kecamatan-kecamatan lainnya tetap kita akan koordinasi lebih awal kepada penyedia dan kesiapan mereka,” katanya.
Ditambahkannya, jumlah final penerima bansos APBD sebanyak 10 ribu keluarga penerima manfaat . Kecamatan Lebong Atas sebanyak 229 KPM, Lebong Utara 1.797, Pinang Belapis 524, Uram Jaya 776, Bingin Kuning 1.193. Lalu, untuk Kecamatan Amen 1.166, Pelabai 792, Topos 428, Lebong Selatan 1.035, Rimbo Pengadang 201, terakhir ada Kecamatan Lebong Tengah sebanyak 1.090 dan Lebong Sakti 769 KPM sudah disalurkan.
Sementara itu Kadis PMDSos Reko Haryanto membenarkan bahwa, penyaluran akan disalurkan pada hari Senin 29 Juni besok.
“Benar, penyedia bahan sudah siap dan sesuai jadwal yang telah kita tetapkan, realisasi penyaluran akan kita laksanakan pada Senin besok,” tandasnya. (CE4)

Iklan

Comments are closed.