Beranda Berita Daerah Sebagian Lahan Terminal Dialihkan Jadi Pasar Rakyat

Sebagian Lahan Terminal Dialihkan Jadi Pasar Rakyat

65
0
Adit/CE Inilah lahan Terminal Muara Aman yang berada satu lokasi dengan Pasar (13/3)

CE ONLINE – Keberadaan terminal di Kabupaten Lebong saat ini menjadi pertanyaan pasca pembangunan Pasar Rakyat Lebong pada lahan terminal Muara Aman, akhirnya terjawab.

Dipastikan, jika saat ini Lebong masih memiliki Terminal yang berada di lokasi Pasar Rakyat Lebong. Dan Hanya sebagian dari lahan Terminal Muara Aman yang dialihfungsikan menjadi Pasar Rakyat.
“Jika persoalan terminal ini dilemparkan ke Bidang Aset, kami bingung mau menjawabnya. Karena, Kabid Perhubungan yang sekarang merupakan mantan Kabid Aset dan pasti lebih tahu mengenai hal itu. Harusnya mereka lebih tahu soal itu, jangan seperti tidak tahu kemudian melemparkan masalah kepada pihak lain. Jika memang tidak tahu, harusnya cari tahu atau coba tanyakan ke Bendahara Barang yang ada di OPD tersebut,” ujar Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si melalui Kabid Aset, Rizka Putra Utama, M.Si.

Selain itu, alih fungsi Terminal Muara Aman menjadi Pasar Rakyat ini didasarkan atas surat penghapusan aset terminal. Disebutkannya, penghapusan ini hanya dilakukan pada sebagian aset terminal saja seperti gapura masuk dan keluar Terimal Muara Aman.
“Penghapusan aset ini dilakukan secara resmi dengan surat penghapusan aset terminal, yang dihapuskan waktu itu hanya sebagian dari objek terminal saja. Apalagi saat itu, terminal yang merupakan aset P3D dari Pemkab Rejang Lebong tidak difungsikan. Yang jelas, Lebong masih memiliki terminal dan lokasinya di tempat semula. Hanya sebagian lahan dan objek terminal saja yang dialihfungsikan menjadi pasar artinya pada lokasi tersebut sebagian terminal dan sebagian lainnya pasar rakyat,” terangnya.

Jika merujuk pada surat penghapusan aset ini, tambahnya, alih fungsi tersebut hanya dilakukan pada sebagian lahan terminal. Bahkan keberadaan gedung terminal Muara Aman yang berasal dari penyerahan Personel Pendanaan Prasarana dan Sarana serta Dokumentasi (P3D) dari Kabupaten Rejang Lebong, saat ini masih ada dan ditempati Bidang Perhubungan Dinas PUPR-Hub Lebong.
“Kalau soal terminal difungsikan atau tidak, bukan kewenangan kami untuk menjawabnya. Silahkan ke Bidang Perhubungan saja,” pungkasnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: