Beranda Berita Daerah Sambut Musim Panen, Petani Mulai Persiapkan Alsintan

Sambut Musim Panen, Petani Mulai Persiapkan Alsintan

24
0
ADIT/CE Terlihat padi di Desa karang Anyar kecamatan Lebong Tengah sudah menguning (26/2).

CE ONLINE – Petani yang berada di Kecamatan Lebong Tengah, saat ini tengah bergembira menyambut musim panen. Dikarenakan padi yang berada di Desa Karang Anyar kondisi tanaman padinya sudah berbuah dan menguning.

Salah satu petani di wilayah Kecamatan Lebong Tengah, Heru Vanromik (38), mengatakan disaat menyambut musim panen, salah satu persiapannya yang dilakukan seperti menyiagakan alat mesin pertanian (Alsintan).
“Sebentar lagi kita akan memasuki musim panen padi yang diperkirakan dimulai pertengahan bulan maret ini dan puncaknya itu bulan April.

Namun jelang panen biasanya kami mempersiapkan alat sintan atau alat mesin pertanian untuk keperluan panen nantinya, dan juga persiapkan karung, mesin padi, alat pemotong dan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan untuk memperoleh hasil yang maksimal, tentunya para petani biasanya mewajibkan melakukan penyemprotan padi khusus, berulang racun pembernas buah.
“Biasanya itu kita lakukan setiap seminggu sekali atau seminggu dua kali, sembari juga mencegah hama atau hewan ternak, dari awal tanam kita wajib melakukan penyemprotan racun seminggu sekali atau dua kali padi pembernas buah, agar buah padi tetap bersih menjelang musim panen, namun jika padi sudah menguning maka kita stop untuk penyemprotan,” tandasnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: