Beranda Berita Daerah RL Masih Gunakan Vaksin Sinovac

RL Masih Gunakan Vaksin Sinovac

7
0
IST/CE Salah satu personel Polres Rejang Lebong usai menerima vaksin

CE ONLINE – Hingga saat ini, Kabupaten Rejang Lebong masih menggunakan Vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) jenis Sinovac. Ini lantaran Kabupaten Rejang Lebong belum dapat jatah vaksin jenis Astrazeneca.

Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Kabupaten Rejang Lebong, Sofan Wahyudi mengatakan bahwa mengatakan perkembangan Vaksin Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sudah menyasar 7000 orang. Dimana sasarannya mulai dari tenaga kesehatan (Nakes), pelayan publik, masyarakat rentan terpapar Covid-19 dan Lansia.
“Untuk pelaksanaan vaksin, saat ini kita masih menggunakan Vaksin Sinovac. Karena memang, kita belum menerima vaksin Astrazeneca,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (7/4) kemarin.

Menurut Sofan, bahwa pihaknya juga masih menunggu distribusi Vaksin Astrazeneca dari Dinkes Provinsi Bengkulu. Dimana usulan, nantinya akan disesuaikan dengan kondisi stok yang ada di Dinkes Provinsi Bengkulu.
“Sifatnya kita juga masih menunggu instruksi dari Pemprov. Kapan diminta untuk mengajukan dan menjemput vaksin Astrazeneca,” sampainya.

Sementara itu, bahwa terkait personel Polres Rejang Lebong telah divaksin menggunakan vaksin Astrazeneca, kata Sofan bahwa stok vaksin tersebut, penyalurannya melalui Dinkes Provinsi Bengkulu ke Polda Bengkulu. Dimana dari Polda Bengkulu mendistribusikan kepada Polres wilayah jajarannya termasuk Polres Rejang Lebong.
“Kalau untuk yang Polres, distribusinya bukan melalui Kabupaten/Kota. Melainkan dari Provinsi Bengkulu ke Polda Bengkulu,” katanya.

Di sisi lain, Sofan menyebut bahwa untuk stok vaksin Sinovac yang saat ini ada di gudang Farmasi tersisa 36 vial multi doz. Dimana dalam 1 vial tersebut berisi 10 dosis. Sehingga dengan 36 vial ada sebanyak 360 dosis.

Sementara itu, Wakapolres Rejang Lebong Kompol Edi Syafrudin menyebut bahwa untuk tahap dua, Polres Rejang Lebong mendapat jatah 210 dosis vaksin Astrazeneca. Dimana vaksin tahap kedua, dimulai pada Rabu (7/4) kemarin yang ditargetkan selesai dalam jangka waktu tiga hari.
“Sebelumnya pelaksanaan vaksin tahap pertama sudah dilaksanakan, dan hari ini (kemarin, red) kita kembali melaksanakan vaksin untuk tahap kedua di lingkungan Polres Rejang Lebong. Yang kita targetkan selesai dalam 3 hari. Untuk vaksin yang digunakan adalah vaksin Astrazeneca,” katanya.

Menurut Wakapolres, bahwa masing-masing personel mendapat dua dosis vaksin. Dimana untuk jarak vaksin dosis 1 ke dosis 2 untuk Astrazeneca ini jaraknya 8 Minggu. Berbeda dengan vaksin jenis Sinovac yang jaraknya, 2-4 Minggu. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: