Beranda Hot News RL Bersatu Lawan Corona

RL Bersatu Lawan Corona

7
0
CALON FOTOGRAFER/CE
Bupati RL DR H Ahmad Hijazi SH MSi didampingi Dandim 0409/RL Letkol Inf Sigit Purwoko SE memberikan arahan kepada masyarakat untuk bersama melawan corona

CURUP, CE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan dan Forum Jurnalis Rejang Lebong (FJRL), Senin (23/3) kemarin melakukan penyemprotan Disinfektan massal di sejumlah lokasi. Dimana penyemprotan disinfektan massal tersebut sebagai salah satu bentuk respon RL terhadap pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.
“Meskipun di Rejang Lebong belum ada masyarakat yang terinfeksi virus corona. Namun itu harus tetap diwaspadai dan menjadi perhatian bersama. Dan sebagai bentuk respon kita, hari ini (kemarin, red) kita lakukan penyemprotan disinfektan massal di sejumlah lokasi,” ujar Bupati di gedung PSC 119, pada Senin (23/3) kemarin.
Menurut Bupati, bahwa pencegahan yang dilakukan bukan hanya dalam perkotaan saja melainkan juga dilakukan hingga ke tingkat desa. Guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Koordinator FJRL menyerahkan masker kepada petugas PSC 119 dalam kegiatan baksos yang digelar kemarin


“Virus corona ini jangan dianggap main-main, dan ini harus ditangani secara serius. Karena virus mematikan ini bukan hanya menyerang perindividu, namun juga dapat menyebar ke banyak orang. Oleh karena itu, kita berharap masyarakat disiplin dan menjaga pola hidup sehat guna terhindar dari penyebaran virus corona,” sampai Bupati.
Sebagai bentuk respon Pemkab RL dalam penanganan virus corona ini, Bupati sudah menyiapkan ruang isolasi jika ada masyarakat yang terinfeksi virus corona. Dimana ada tempat yang disiapkan, seperti RSUD Jalur Dua dan juga Rumah Sakit PMI RL.
“Kita berharap di Rejang Lebong tidak ada, namun tetap perlu kita waspadai. Bahkan kita sudah menyiapkan ruang isolasi khusus yakni di RSUD Jalur Dua dan RS PMI Rejang Lebong,” kata Bupati.
Sementara itu Koordinator FJRL, Nur Muhamad mengatakan bahwa kegiatan baksos tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian bersama dalam melawan virus corona yang saat ini marak di berbagai wilayah. Di sisi lain, dirinya mengapresiasi juga atas kepedulian dan dukungan dari Pemkab RL dalam hal ini Dinkes RL yang telah bersama-sama dalam mencegah penyegaran corona.
“Selain pak Bupati yang telah turun langsung, kita juga mengapresiasi Dinkes RL, Kodim 0409 RL, PMI RL, BPBD RL dan beberapa relawan yang ikut serta dalam baksos massal yang dilakukan hari ini,” ujarnya.
Menurutnya, selain penyemprotan disinfektan kegiatan baksos yang digelar satu hari tersebut pihaknya juga membagikan masker gratis, pamflet tentang cara mencegah penyebaran corona dan sebagainya.

Penyemprotan Cairan Disinfektan


“Sebagaimana sasarannya yakni rumah ibadah seperti masjid, gereja dan vihara. Kegiatan yang digelar ini juga menyasar ke pusat-pusat keramaian seperti Pasar Kaget, pasar DE, Pasar Atas Curup dan juga pasar Bang Mego,” sampainya.
Di sisi lain, Kadinkes RL Syamsir SKM MKM mengatakan bahwa kegiatan yang dimotori oleh Dinkes RL dan FJRL ini tentu sebagai salah satu upaya mengedukasi masyarakat dan semua pihak.
“Karena yang namanya pencegahan itu penting dilakukan meskipun hingga saat ini belum ada satupun terkonfirmasi Covid-19 dan kita berharap inipun kedepan tidak terjadi di Rejang Lebong. Selain FJRL, kita juga berterimakasih kepada Kodim 0409/RL, OPD dan semua yang terlibat dalam baksos massal ini,” ujarnya.


Sementara itu Dandim 0409 R/L, Letkol Inf Sigit Purwoko SE yang ikut langsung dalam baksos massal tersebut berharap di Kabupaten RL, tidak ada satupun masyarakat yang terkonfirmasi virus corona. Dimana kegiatan baksos ini, salah satu upaya dalam melakukan pencegahan virus corona.
“Mudah-mudahan Rejang Lebong clean dari virus corona,” pungkas Dandim. (CE5)