Ratusan Ton Ikan dan Padi Siap Panen Hanyut Dihantam Banjir Bandang

PUT, CE – Hujan deras serta angin kencang yang mengguyur kawasan Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) pada Rabu (20/5) membuat beberapa sungai meluap. Seperti Sungai Kelingi, Sungat Selat, Sungai Belumai. Akibatnya, kolam dan sawah warga hanyut tergerus aliran sungai.
Data terhimpun, terdapat puluhan kolam air deras milik warga Desa Belumai I dan Belumai II jebol yang mengakibatkan ratusan ton ikan siap panen hanyut. Akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.
Disampaikan salah satu pemilik kolam, Margono (64) bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.
“Saat itu saya bersama anak buah saya mau panen, ada sebagian menyiapkan jaring. Tiba tiba sungai Selat naik dan meluap dan masuk ke kolam yang siap panen sehingga seluruh ikan yang siap panen hanyut terbawa sungai,” ujarnya kepada CE.
Menurutnya, banjir besar seperti saat ini sudah yang kedua kalinya.
“Namun ini yang paling parah,” sampainya.
Senada yang disampaikan Soleh, bahwa ikan siap panen miliknya juga hanyut terbawa sungai yang ditaksir mencapai 15 ton.
“Bukan hanya kolam saja yang rusak, akan tetapi satu unit jembatan yang merupakan akses menuju areal kolam ikut hanyut terbawa sungai. Dengan ini, kita minta Pemerintah serius dan memperhatikan para petani kolam ikan deras. Sebab kejadian ini sudah yang kedua kalinya,” ujarnya.
Terpisah Kapolres RL, AKBP Dheny Bhudiono SIK MH melalui Kapolsek PUT Iptu Apionsori didampingi Kanit Res Ipda Muhammad Azhara membenarkan kejadian tersebut.
“Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun kolam dan sawah warga banyak yang hanyut dan rusak,” pungkasnya. (SR1)

Iklan

Comments are closed.