Beranda Hot News Program Umrah Gratis Dilanjutkan Keberangkatan Tunggu Kebijakan Arab Saudi

Program Umrah Gratis Dilanjutkan Keberangkatan Tunggu Kebijakan Arab Saudi

51
0
Kabag Kesra Setdakab Rejang Lebong, Herwin Kusuma Wijaya

CE ONLINE – Program umrah gratis yang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong tahun 2021 tetap dilanjutkan. Hanya saja, keberangkatan jemaah umrah gratis saat ini masih menunggu kebijakan Pemerintah Arab Saudi.

Kabag Kesra Setdakab Rejang Lebong, Herwin Kusuma Wijaya mengatakan bahwa anggaran umrah gratis sebesar Rp 2 Miliar. Dimana bentuknya hibah dari Pemkab Rejang Lebong kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rejang Lebong.
“Target kita 100 orang. Namun karena adanya kenaikan biaya umrah, maka disesuaikan dengan jumlah anggarannya. Kemungkinan hanya 60-an orang saja,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (4/5) kemarin.

Menurut Herwin, untuk jemaah yang akan diberangkatkan dalam program umrah gratis ini sudah melalui proses seleksi. Bahkan saat ini nama-nama yang akan diberangkatkan sudah ada tinggal menunggu jadwal keberangkatan yang sampai saat ini masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Dimana saat ini, baik umrah dan haji masih ditutup seiring masih terjadinya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
“Awalnya sempat dibuka kembali oleh Arab Saudi. Namun karena terjadi peningkatan kasus, sehingga Pemerintah Arab Saudi kembali menutup pelaksanaan umrah dan haji sampai batas waktu yang belum ditentukan,” sampainya.

Lanjut Herwin, jemaah umrah gratis pada pada pelaksanaan umrah-umrah sebelumnya. Yakni terdiri dari Imam, Bilal, Rubiah dan masyarakat yang berprestasi. Sementara untuk pelatihan termasuk pembekalan belum dilakukan mengingat belum adanya kepastian dari Arab Saudi.
“Jika nanti sudah ada kepastian, tentu segala persiapan akan disiapkan oleh Panitia termasuk pembekalan juga akan diberikan. Namun jika seusai Lebaran, belum ada kepastian kemungkinan besar keberangkatan akan ditunda dulu,” katanya.

Sementara itu, Herwin berharap kepadanya para jemaah umrah gratis hasil seleksi untuk bersabar terkait keberangkatan. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: