Beranda Berita Daerah PKK Siap Bangkitkan Posyandu

PKK Siap Bangkitkan Posyandu

62
0
IST/CE Zoom Meeting Peringatan HUT Posyandu Nasional

CE ONLINE – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Rejang Lebong siap membangkitkan kembali kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di seluruh Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong. Hal ini sebagaimana Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Hartini Syamsul.
“Membangkitkan kembali Posyandu. Menjadi salah satu komitmen PKK Rejang Lebong kedepan. Dimana Posyandu merupakan salah satu garda terdepan sekaligus penggerak terutama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,” ujar Hartini seusai mengikuti zoom meeting HUT Posyandu Nasional beberapa hari yang lalu.

Menurut Hartini, bahwa kegiatan Posyandu menjadi salah satu upaya PKK dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dalam rangk mewujudkan Kabupaten Rejang Lebong Bercahaya untuk Semua.
“Kader Posyandu sama halnya kader PKK, kader KB. Dimana salah satu perannya bagaimana meningkatkan pelayanan kesehatan baik kesehatan anak dan ibu,” sampainya.

Selain itu, kata Hartini bahwa pihaknya juga berupaya menekan kasus stunting dan juga menekan peningkatan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dimana kedua hal tersebut, juga menjadi salah satu pesan yang disampaikan dalam peringatan HUT Posyandu Nasional.
“Dalam hal ini, kita siap bersinergi dengan Pemerintah dalam rangka menekan kasus stunting maupun pencegahan Covid-19,” katanya.

Di sisi lain, Pengurus TP PKK Kabupaten Rejang Lebong Lainnya Desma Heryana menjelaskan bahwa posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan desa sebagaimana termasuk dalam Permendagri nomor 18 tahun 2018.

Sementara saat ini Kabupaten Rejang Lebong diketahui telah membentuk yang namanya pokjanal posyandu tingkat Kabupaten.
“Dimana tugasnya nanti tidak lain adalah untuk menyusun kegiatan tahunan posyandu kemudian melakukan bimbingan pembinaan, fasilitas, advokasi pemantauan dan evaluasi pengelolaan program atau kegiatan posyandu secara rutin dan terjadwal,” pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: