Petribusi Pasar Kembali Ditarik, Termasuk RM dan Hotel

Husni Thamrin

KEPAHIANG, CE – Terhitung Kemarin Rabu, (1/7), Pemkab Kepahiang tidak lagi menggratiskan retribusi pasar yang sejak April lalu di bebaskan, karena adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pernyataan ini disampaikan langsung Kepala Dinas Perdagangan Koprasi dan UKM Kepahiang, H. Husni Tamrin, SE.
“Sesuai dengan surat edaran (SE) yang diterbitkan Bupati pada April lalu, pembebasan retribusi pasar berakhirnya selasa (30/6) ,” ungkap Husni.
Dengan berakhirnya masa SE tersebut, tegas Husni, artinya, secara otomatis retribusi pasar di Kepahiang akan kembali ditarik, sesuai dengan Perda yang ada.
“Mulai Hari ini (Kemarin,red), semua sudah normal lagi, petugas sudah bisa melakukan penarikan retribusi,” ujarnya.
Tegas Husni, karena per 1 Juli, target PAD dari retribusi pasar sudah kembali masuk dalam Kas Daerah (Kasda).
Pernyataan yang sama juga disampaikan Sekda Kepahiang Zamzami Zubir yang kemarin ditemui diselah selah menghadiri kunjungan Kajati Bengkulu, menegaskan jika retribusi pasar yang terdiri dari retribusi lapak dan rertibusi kebersihan terhitung mulai Rabu, (1/7) sudah tidak gratis lagi.
“Sekarangkan sudah fase new normal, semuanya sudah kembali berjalan seperti biasa, jadi sesuai dengan batasan pembebasan retribusi akibat adanya pandemi Covid-19 kemarin hanya sampai 30 Juni, dan tidak ada perpanjangan dari SE sebelumnya. Artinya semua retribusi yang kemarin kita bebaskan mulai hari ini (Kemarin, red) sudah kembali kami tarik,” ungkap Sekda.
Tidak hanya retribusi pasar yang hari ini akan kembali ditarik, sambung sekda retribusi restoran dan hotrl juga sudah mulai diberlakukan lagi.
“Pajak rumah makan dan hotel juga ya, sudah tidak kita gratiskan lagi,” pungkas Zamzami (CE7)

Iklan

Comments are closed.