Perpustakaan Diminta Jalankan Fungsi Sosial

BETA/CE Penyerahan ratusan unit rak buku dan buku non mata pelajaran ke SMA/SMK/MA di Provinsi Bengkulu, Jumat (21/6) kemarin.
BETA/CE
Penyerahan ratusan unit rak buku dan buku non mata pelajaran ke SMA/SMK/MA di Provinsi Bengkulu, Jumat (21/6) kemarin.

BENGKULU, CE – Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah meminta kepada seluruh perpustakaan sekolah yang ada di Bengkulu untuk menjalankan fungsi sosialnya. Dimana seharusnya perpustakaan bukan hanya sekedar tempat meminjam buku, namun juga sebagai pusat pemberian informasi dan juga pelatihan.

“Saya minta kepada seluruh perpustakaan yang ada disekolah jalankan fungsi sosial yang selama ini terlupakan. Jadikan perpustakaan sebagai tempat berdiskusi, dan juga sebagai tempat penggalian ilmu dan penggalian informasi,” sampainya usai menyerahkan ratusan unit rak buku dan ribuan eksemplar buku non mata pelajaran ke SMA/SMK/MA di Provinsi Bengkulu, Jumat (21/6) kemarin.
Dikatakannya bahwa dengan didorongnya fasilitas perpustakaan sekolah dengan penyerahan rak buku baru kemarin, diharapkan akan menambah kenyamanan layanan perpustakaan sekolah. Sehingga perpustakaan dapat bertransformasi menjadi perpustakaan yang berbasis inklusif.
“Minat baca ini penting untuk kita tingkatkan, karena jika minat baca di daerah itu tinggi, maka kemajuan masyarakatnya pasti akan lebih baik,” ujarnya. Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Meri Sasdi mengatakan bahwa ada sebanyak 550 unit rak buku yang dibagikan untuk 110 sekolah SMA/SMK/MA seProvinsi Bengkulu. Dimana setipa masing-masing perpustakaan sekolah akan menerima sebanyak 5 rak buku.
“Bukan hanya rak buku, kita juga menyerahkan 62 ribu eksemplar buku dengan 500 judul buku nono mata pelajaran untuk 31 sekolah,” katanya.
Meri mengatakan bahwa pemberian bantuan rak buku dan buku bacaan ini bertujuan untuk menunjang transformasi pepustakaan berbasis inklusi sosial di Bengkulu. Termasuk juga untuk memancing stimulus minat baca pelajar di Provinsi Bengkulu. “Ini akan bertahap, untuk sekolah-sekolah yang lain juga. Tapi untuk sekolah yang tepilih ini kita ada proses verifikasi, diusulkan dan ada tim kita kita juga supaya ada ketepatan,” pungkasnya. (CE2)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.