Pengamat Politik: Prediksi Kepahiang 4 Pasang Cakada

Azhar Marwan

KEPAHIANG, CE – Pengamat Politik Universitas Bengkulu Azhar Marwan, memprediksi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang yang akan digelar tahun ini akan diikuti oleh 4 pasang calon.
“Kalau melihat peta politik kursi Parpol yang ada di DRPD Kepahiang saat ini memungkinkan ada 4 pasangan calon,” ungkap Azhar Marwan.
Menurutnya kemungkinan ini dikarenakan terdapat 5 Parpol besar yang memiliki peluang untuk bisa mencalonkan diri hanya dengan berkoalisi dengan partai partai kecil. 5 partai besar itu dikatakan Azhar Marwan, Nasdem, Golkar, Demokrat, PDIP dan PKB.
“Kan hanya ada 1 Parpol yang tanpa harus berkoalisi bisa langsung mengusung 1 calon seperti halnya Nasdem,” sebutnya.
Dengan demikian ditegaskan Azhar Marwan, hanya pasangan Bakal Calon Hidayatullah Sjahid dan Zurdi Nata yang bisa dikatakan leding lebih awal dibandingkan dengan Paslon Paslon lain.
“Tinggal lagi sekarang ini Parpol parpol yang ada di DPRD Kepahiang, apakah akan berkoalisi sesama dengan parpol parpol besar apakan ingin berjalan sendiri sendiri,” ujarnya
Jika parpol parpol besar bisa berkualisi, lanjut Azhar Marwan kemungkinan akan hanya ada 2 sampai dengan 3 pasangan calon.
Dilanjutkan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNIB ini, sebaliknya. jika kualisi parpol besar tidak bisa terwujud akan ada 4 Paslon diluar dari Paslon yang akan maju melalui jalur independen.
“Sejauh ini kita baru bisa menganalisa sebatas berapa kemungkinan Paslon yang akan bertarung, kalau Paslon mana yang bisa menguasai Kepahiang dan diperkirakan akan meraih kemenangan kita belum bisa, sebabnya sejauh ini kita belum mengetahui balon balon mana yang nanti bisa melaju sampai pada tahapan pencalonan,” ujarnya.
Ini juga dikatakan Zahar Marwan dikarenakan sejauh ini masing masing Balon masih berkutat pada perebutan dan meraih partai pengusung.
“Kemungkinan besar yang sudah pasti itu, baru Pasangan Dayat-Nata karena Nasdem tanpa berkualisi bisa dengan sendirinya mengajukan calon,” tegas Azhar Marwan.
Prediksi Dayat-Nata Leding awal tegas Azhar Marwan, dikarenakan yang bersangkutan (Hidayattullah Sjahid) merupakan ketua dari Partai Nasdem sebagai partai peraih kursih terbanyak di DPRD Kepahiang sejumlah 7 kursi. (CE7)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.