Beranda Bengkulu Pencapaian PAD Pemprov Disorot Dewan

Pencapaian PAD Pemprov Disorot Dewan

5
0
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi, Dempo Xler

CE ONLINE – Beberapa kinerja Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Bengkulu Tahun Anggaran (TA) 2020 menjadi sorotan dewan. Salah satunya yakni terkait dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satunya disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi, Dempo Xler S.Ip M.Ap yang menyoroti capaian PAD Provinsi Bengkulu. Karena dalam pembahasan, OPD yang menjadi mitra Komisi IV, tidak satupun yang target PAD-nya tercapai.
“Kita bisa maklum, pada tahun lalu itu sedang puncaknya terjadi pademi Covid-19. Namun ini tetap menjadi catatan bagi kita,” sampainya.

Dikatakannya, yang juga menjadi catatan penting bagi pihaknya terkait pernyataan Gubernur yang tidak bakal merumahkan Tenaga Hari Lepas (THL). Tapi faktanya cukup banyak THL yang diberhentikan dan ironisnya setelah THL yang lama itu diberhentikan, OPD malah mengangkat THL baru.

Menurut Dempo dari sini saja membuktikan jika Gubernur tidak komit dengan pernyataannya. Padahal sejak awal, honor ataupun gaji untuk para THL itu sudah dialokasikan anggarannya.
“Tentu saja ini bakal menjadi catatan yang bakal kita sampaikan kepada eksekutif. Apalagi pemberhentian para THL yang diketahui sudah lama mengabdi, tanpa alasan yang jelas. Kita khawatir persoalan THL ini dikaitkan dengan politik,” ungkapnya.

Sebelumnya Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Ir. Darmawansyah MT mengatajan ada beberapa rekomendasi terhadap LKPj Gubernur TA 2019 yang hingga sekarang belum ditindaklanjuti.
“Contohnya pasir hasil dari pengerukan alur pelabuhan Pulau Baai. Pada LKPj TA 2019, kita rekomendasikan agar bisa dimanfaatkan atau dijual,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Darmawan bisa menjadi pemasukan, baik bagi PT. Pelindo II sebagai pengelola pelabuhan atau Pemprov. Seharusnya rekomendasi ini ditindaklanjuti, tapi faktanya belum sampai dengan saat ini.
“Kemudian soal transhipment, yang mana rekomendasinya di kawasan Pulau Mega. Faktanya malah di dekat pelabuhan, ini juga seperti apa,” pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: