Pemprov Cari Investor Rel KA

Ilustrasi
Ilustrasi

BENGKULU, CE – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saat ini sangat membutuhkan investor yang benar-benar siap membangun rel Kereta Api (KA) di Bengkulu. Kepala Biro Ekonomi dan SDA Setdaprov Bengkulu, Ansori Tawakal mengatakan jalur rel kereta api ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat laju ekonomi Bengkulu.

“Kita sangat butuh transportasi terbarukan ini untuk mempercepat ekonomi daerah. Untuk itu, dibutuhkan para investor yang benar-benar siap untuk membangun jalur rel kereta api demi mempercepat ekspor dari Provinsi Bengkulu,” sampainya Dikatakannya bahwa, bagi para investor yang benar-benar siap maka ia meminta untuk mengajukan kesiapan membangun jalur rel kereta api. Sebab, dari hasil kajian Kementerian Keuangan (Kemenkeu), memang sudah layak untuk hadirnya rel kereta api di Bengkulu. “Kementrian menyatakan sudah layak, jadi saat ini kita hanya tinggal mencari investor yang sanggup,” katanya.

Sementara itu sebelumnya, Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (Gapeknas) menyatakan siap untuk mencari investor yang benar-benar sanggup membangun rel kereta api dari Pulau Baai ke Kecamatan Kota Padang, Kabupaten Rejang Lebong. Namun Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gapeknas, Manahara R Siahaan mengatakan, untuk mencari investor yang siap membangun jalur rel kerata api memang agak sulit.
“Investor ini harus benar-benar siap membangun, baik dari sisi modal maupun pengalaman membangun rel kereta api. Namun kita akan berusaha untuk mencarikan,” ungkapnya.
Sementara itu, Manahara menyatakan, untuk membangun rel kereta api dengan panjang sekitar 168,2 Km itu tentunya membutuhkan modal cukup besar. Dimana, diperkirakan pembangunnya tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp 11 triliun. (CE2)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.