Beranda Berita Daerah Pemkab Segera Gelar UK THLT, BKPSDM Siapkan Regulasi

Pemkab Segera Gelar UK THLT, BKPSDM Siapkan Regulasi

6
0
ILUSTRASI/NET

CE ONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong saat ini tengah menyiapkan regulasi terkait perekrutan Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) tahun 2021.

Bahkan, jika tidak ada kendala bulan ini OPD dijajaran Pemkab Lebong menggelar uji kompetensi (UK) perekrutan THLT tahun 2021.
“Saat ini kita sedang menyiapkan aturannya, mudah-mudahan dalam bulan ini OPD sudah bisa melaksanakan uji kompetensi untuk merekrut THLT ditahun 2021,” ujar Plt Kepala BKPSDM Lebong, Hj. Nelawati, SP, MM.

Lanjut Nelawati, bahwa terkait dengan kelebihan jumlah THLT dijajaran Pemkab Lebong tahun sebelumnya yang menjadi perhatian serius BPK RI, pihaknya berharap OPD dapat memfungsikan THLT sesuai dengan kebutuhan OPD masing-masing. Agar tidak lagi ditemukan adanya THLT yang bekerja di dua tempat yang selama ini banyak ditemukan.
“Memang kita masih kekurangan tenaga ASN, namun untuk merekrut THLT ini juga harus sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing. Apalagi, masalah THLT ini menjadi catatan oleh BPK,” lanjutnya.

Disinggung mengenai THLT yang sudah dipekerjakan sejak Januari 2021 lalu, Nelawati menjelaskan bahwa ada 4 item THLT yang menjadi tanggung jawab Pemda Lebong yang dipekerjakan dari Januari. Diantaranya Sopir, tenaga cleaning services, penjaga kantor dan operator.

Sementara THLT diluar 4 item yang dimaksud jika memang masih dipekerjakan maka sudah menjadi tanggung jawab OPD masing-masing. Sebab, sebelumnya Januari lalu mereka sudah dirumahkan..
“Kalau untuk Surat Keputusan (SK) 4 item THLT itu kemungkinan akan di SK kan oleh kepala OPD masing-masing atau bisa jadi SK pak Sekda, sedangkan THLT yang direkrut pada April ini akan di SK kan oleh Bupati,” terangnya.

Karena itu, pihaknya berharap agar OPD benar-benar selektif dalam merekrut THLT termasuk juga menyesuaikan dengan ketersediaan yang ada. Sehingga, tidak ada lagi kelebihan THLT serta kekurangan anggaran untuk membayar gaji THLT seperti yang pernah terjadi tahun sebelumnya.
“Kami berharap OPD benar-benar merekrut THLT yang ingin bekerja dan memiliki kemampuan untuk membantu kinerja ASN,” harapnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: