Beranda Berita Daerah Kepahiang Pasien Covid Sudah Berangsur Membaik

Pasien Covid Sudah Berangsur Membaik

40
0
Dinkes Kepahiang

CE ONLINE – Satu minggu pasca dilakukan pengambilan Swab evaluasi pertama terhadap 2 pasien Corona Virus Disease 2019. Pasien 12, 13 dan 14 warga Desa Suro Baru Kecamatan Ujan Mas Kepahiang, masih harus tetap menjalani masa isolasi.
Hal ini dikarenakan, sampai dengan Jumat (11/9) siang kemarin Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang belum mendapatkan laporan terhadap hasil pemeriksaan swab yang dilakukan Labkes RSMY. Ini juga menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Kepahiang, dikarenakan Pasien 12 berinisial IB (44) yang juga merupakan tenaga medis Puskesmas Ujan Mas, dari hasil laporan yang pihaknya terima dari dokter penanggung jawab pasien, masih sedikit mengalami keluhan kesehatan pasca konfirmasi positif pertengahan Agustus lalu.
“Belum ada laporan hasil Uji Swab dari Labkes RSMY yang kami terima, jadi kondisinya sekarang pasien tetap harus menjalani isolasi,” ungkap Wisnu.
Wisnu sendiri, tidak mengetahui alasan dari Lapkes RSMY yang belum merilis hasil pemeriksaan Swab evakuasi terhadap Pasutri warga Desa Suro Baru itu. Namun Wisnu tidak menapik jika sampel swab pasien 12 dan 13 sudah 1 minggu berada di Lapkes RSMY Bengkulu
“Banyak faktor, mungkin juga karena ada kendala persoalan kerusakan PC PCR Yang dimiliki Labkes RSMY, kemungkinan lain banyaknya sampel swab yang akan diperiksa yang jumlahnya melebihi kapasitas alat,” ujar Wisnu
Dampak dari belum diterimanya hasil pemeriksaan swab evaluasi pasien 12 dan 13 dari Labkes RSMY, tidak hanya pasien 12 dan 13 yang harus tetap memperpanjang masa isolasi tetapi pasien 14 yang merupakan anak kandung dari pasutri itu juga harus melajukan hal yang sama.
“Terpaksa harus diperpanjang lagi, kami tidak berani untuk mengambil resiko sebelum hasil swab evaluasi kami terima,” tegas Wisnu.
Namun secara umum keadaan pasien sampai dengan kemarin, sampai Wisnu, sudah mulai berangsur membaik hanya saja pasien ke 12 masih sedikit mengalami keluhan seperti batuk. Sedangkan untuk pasien 13 dan 14, sudah tidak ada keluhan lagi.
“Karena mereka 1 rumah, jadi ke 3 nya tetap harus diisolasi, sampai dengan hasil swab evaluasi keluar dan menyatakan pasien sudah bebas dari paparan Virus,” tukas Wisnu. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: