Pasca Lebaran, ISPA dan Diare Tinggi

RENNI/CE Pelayanan rawat jalan RSUD Curup sudah kembali beroperasi.
RENNI/CE
Pelayanan rawat jalan RSUD Curup sudah kembali beroperasi.

CURUP, CE – Pasca Lebaran Idul Fitri 1440 H, pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup banyak menangani berbagai penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) maupun diare. Hal ini diungkapkan Direktur RSUD Curup, drg. Asep Setia Budiman.

“Jenis penyakit yang banyak pasien keluhkan pasca lebaran seperti keluhan gangguan saluran pencernaan. Hal disebabkan adanya perubahan pola makan. Sehingga, banyaknya pasien dengan keluhan mencret maupun sakit ditenggorokan,” ujarnya.Menurut Asep, beberapa cara mengantisipasi gangguan penyakit yang datang. Diantaranya, dengan menambah jumlah asupan buah dan sayur-sayuran saat makan pagi, siang, dan malam. Serta, usahakan melakukan aktivitas olahraga. “Karena adanya perubahan pola makan tadi. Seperti, pada asupan makan dan minum selama perayaan lebaran. Sehingga banyak menimbulkan berbagai macam penyakit. Namun, bisa diantisipasi dengan perbanyak konsumsi atau minum air putih lebih dari 2 liter dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh,” jelasnya.Sementara pihaknya juga mulai banyak mengalami kunjungan pasca lebaran. Dimana, hal ini disebabkan adanya penundaan jadwal kontrol pasien rawat jalan.
Selain itu, ditambahkannya pihaknya juga hingga pukul 12.00 sudah menerima 16 untuk pasien rawat jalan. “Selain ada pasien baru, juga banyak pasien yang melakukan kontrol. Karena sebelumnya rawat jalan sempat tertutup. Yakni adanya libur bersama lebaran lalu,” pungkasnya. (CE3)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.