Beranda Berita Daerah Meresahkan! Dinsos Evakuasi “Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)”

Meresahkan! Dinsos Evakuasi “Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)”

145
0
JACK/CE DIAMANKAN : ODGJ yang Kerap Meresahkan masyarakat berhasil diamankan

CE ONLINE – Dinas Sosial (Dinsos) Kebupaten Kepahiang, yang di back up Sat Reskrim Polres Kepahiang Rabu (31/3), berhasil melakukan evakuasi terhadap Ricco James Saputra (38) Warga Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai yang mengalami ganguan kejiwaan (ODGJ) hingga diantar ke RSJKO Bengkulu.

Dikatakan Plt Kadinsos Kepahiang Julian Muda Parsah, untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan dan membahayakan orang lain, dalam proses evakuasi ODGJ yang berlangsung dramatis itu pihaknya terpaksa harus meminta bantuan personil dari Sat Reskrim polres Kepahiang.
“Kita dapat laporan dari orang tua ODGJ bersangkutan, yang meminta bantuan kita (dinsos, red) dalam membantu pengurusan ODGJ itu hingga dibawa ke RSJKO, karena ODGJ ini sangat berbahaya, selalu memegang senjata tajam (Parang) dan sering mengancam siapa saja yang mencoba untuk mendekatinya,” ungkap Julian.

Mendengar kebiasaan yang tidak lazim keseharian ODGJ tersebut yang diterima langsung pihaknya dari orang tua ODGJ bersangkutan, tambah Julia proses evakuasi Rabu petang itu, harus dilakukan oleh personil dari Sat Reskrim Polres Kepahiang.
“Alhamdiulillah berkat bentuan dari personil Polres, ODGJ itu berhasil diamankan, dan petang itu juga langsung kami bawa ke RSJO untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut,” sebutnya.

Masih dikatakan Julian, berdasarkan cerita dari pihak keluarga ODGJ bersangkutan, Ricco, mengalami gangguan sudah cukup lama, dan sempat menjalani pengobatan disalah satu yayasan di Kota Curup Rejang Lebong.

Namun belakangan ini tingkah Ricco semakin aneh dan bahkan menjerus mencelakakan orang lain, Karena Ricco tidak segan segal menghalau siapa saja yang mencoba mendekatinya dengan senjata tajam, bahkan orang tuanya sekalipun. Dengan upaya yang dilakukan pihaknya kemarin dan bantuan dari Polres Kepahiang tegas Julian diharapkan Ricco bisa kembali pulih.

Sementara itu Kapolres Kepahiang AKBP Suparman, SIK, MAP melalui Kasat Reskrim Iptu Welliwanto Malau, SIK, MH didampingi Kanit Pidum Aiptu Abdullah Barus, SH yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.
“Kami sifatnya hanya membantu untuk mengamankan, tapi setelah itu ODGJ yang bersangkutan sudah kami serahkan ke Dinsos Kepahiang untuk kemudian dilakukan pengurusan serta pengobatan,” sebut Barus.

Memang dalam proses penangkapan ODGJ tersebut ditambahkan Barus, ada perlawanan hebat yang dilakukan ODGJ, hanya saja dengan kesigapan personil Elang juvi, Ricco dapat diamankan. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: