Masa Tenang APK Masih Terpasang

HAJROLLAH/RENI/IKE/HABIBI/CE Salah satu APK caleg yang masih terpasang sebelum diturunkan pihak Panwascam di Rejang Lebong kemarin.
HAJROLLAH/RENI/IKE/HABIBI/CE
Salah satu APK caleg yang masih terpasang sebelum diturunkan pihak Panwascam di Rejang Lebong kemarin.

CURUP TIMUR, CE – Walaupun sudah memasuki masa tenang, akan tetapi masih ada beberapa Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu yang terpasang di tempat-tempat umum, seperti dipinggiran jalan lintas.
Seperti di Kelurahan Sukaraja, masih terdapat baliho calon legislatif berukuran cukup besar dari dua partai yang berbeda. Begitupun dengan APK yang ada di Kelurahan Kesambe Baru satu baliho dan beberapa bendera partai masih terpasang rapi didepan salah seorang rumah warga.
Menanggapi hal tersebut, pihak Panwascam Kecamatan Curup Timur, Suhardi mengatakan bahwa berdasarkan UU No 7 Tahun 2017, peserta Pemilu masih memiliki waktu hingga H-1 pemungutan suara.
“Didalam UU tersebut pada bagian B poin ke dua mengatakan bahwa peserta Pemilu harus menertibkan APK nya selambat-lambatnya sehari sebelum pemungutan suara,” kata suhardi saat dihubungi CE melalui Whatsapp.
Suhardi mengatakan apabila sampai H-1 peserta Pemilu belum menertibkan APKnya maka, pihaknya yang akan melakukan penertiban.
“Kalau sampai H-1 APK belum juga ditertibkan oleh peserta Pemilu maka berdasarkan Poin 3 maka kita yang akan melakukan penertiban,” katanya.
Sementara itu tidak sedikit peserta Pemilu didapil Curup Timur sudah melakukan penertiban APKnya baik berupa baliho maupun bendera partai.
Sementara itu, pada masa tenang hari pertama kemarin sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) caleg sudah dilakukan penertiban dan penurunan seperti halnya di Kecamatan Curup Utara.
Dikonfirmasi Anggota Panwascam Curup Utara, Ridwan Pahlevi membenarkan bahwa sejumlah APK pada masa tenang hari pertama sudah dibersihkan. Bahkan pihaknya tidak menemui adanya APK yang masih terpasang.
“Di Curup Utara ada 2 Kelurahan dan 12 Desa. Untuk APK caleg sudah tidak ada lagi hari ini (kemarin, red) dan sudah dilakukan pembersihan,” ujarnya kepada CE.
Ridwan menyampaikan bahwa pembersihan sendiri, sebagian langsung dilakukan masing-masing partai politik (Parpol) didampingi Panwascam termasuk ada juga sebagian masyarakat yang membersihkan.
“Karena mereka sudah tahu, bahwa sudah masuk hari tenang dan sudah kita lakukan sosialisasi sebelumnya. Tidak hanya itu, hal tersebut juga melalui instruksi dari Kabupaten juga,” katanya.
Di sisi lain, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang masih melihat adanya baliho atau APK caleg bisa melaporkan kepada Panwascam setempat.
Terpisah Ketua Bawaslu Rejang Lebong Dodi Hendra menyampaikan untuk hari pertama pihaknya mempersilahkan kepada masing – masing parpol untuk menurunkan secara mandiri. Namun pada hari kedua atau hari ini jika memang masih didapati adanya baliho atau spanduk dan alat kempanye lainnya, maka pihaknya akan melakukan penertiban dengan pihak Satpol PP.
“Hari pertama silahkan mereka mandiri, kedua ya kita tertibkan,” pungkasnya. (CE5/CE8/CE1)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.