Launching Kampung Idaman

CW/CE Kapolres saat melaunching

CURUP, CE – Polres Rejang Lebong belakangan terbukti tidak main – main untuk mewujudkan kepeduliannya terhadap Masyarakat Rejang Lebong selama penanganan pandemi Covid 19 berlangsung di Bumei Pat Petulai ini. Salah satu contoh kegiatan yang digagas oleh Polres Rejang Lebong untuk mempersiapkan Masyarakat Rejang Lebong agar bisa mandiri dalam menjalankan tatanan kehidupan baru (New Normal) yaitu membentuk ‘Kampung Idaman’ di Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang yang resmi di lounching oleh Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dheny Bhudiono S.IK MH, Sabtu (27/6).
“Kampung Idaman ini kita bentuk dengan tujuan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat agar mampu dan siap dalam persiapan ketahanan pangan menuju new normal di Kabupaten Rejang Lebong ini. Dimana kegiatan ini dijadikan sebagai barometer penanganan Covid 19 ditengah Masyarakat,” ujar Kapolres RL di sela – sela kegiatan.
Dilanjutkan Kapolres, melalui kegiatan Kampung Idaman ini, masyarakat diberdayakan untuk melaksaksanakan berbagai upaya kegiatan ketahanan pangan guna menunjang kebutuhan hidup Masyarakat itu sendiri semasa menjalani tatanan kehidupan baru nanti.
“Dalam kegiatan ini, warga di didik agar mampu memanfaatkan lahan tidur di sekitar tempat tinggal untuk dijadikan lahan pertanian, budi daya kolam ikan air tawar hingga menanam tumbuhan apotik hidup di lahan perkarangan rumah masing – masing. Disisi lain, Warga di Kampung Idaman ini juga wajib mejalankan protokol kesehatan covid 19 dengan menyiapkan dan memasang spanduk – spanduk protokol kesehatan Covid 19 dan menyiapkan tempat cuci tangan di setiap gang yang ada di Kampung Idaman tersebut,” jelas Kapolres RL.
Sementara itu, dalam kegiatan ini, Kapolres RL AKBP Dheny Bhudiono S.IK MH didampingi oleh Wakapolres RL Kompol Rudi S.SH, PJU Polres RL, Kapolsek Curup, Iptu Samsudin, Danramil 0409/05 Curup, Camat selupu Rejang, Lurah Simpang Nangka, Kepala Puskesmas Simpang Nangka, Pokdar COVID 19 serta para Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Curup, melaksanakan serangkaian kegiatan yaitu, peninjauan Balai Komunikasi Penanganan Covid 19 (BKPC) yang ada di Kantor Kelurahan Simpang Nangka, meninjau persiapan Kampung Idaman yang ada di kelurahaan Simpang Nangka.
Selanjutnya, Kapolres RL beserta rombongan melakukan peninjauan lokasi kegiatan masyarakat dalam penciptaan ketahanan pangan seperti pemanfaatan lahan tidur, budidaya kolam air tawar, apotik hidup di lahan pekarangan rumah warga masing – masing, melakukan peninjauan sekaligus memeriksa kegiatan pelaksanaan protokol kesehatan yang ada di disetiap gang masuk Kampung Idaman, dan meninjau pelaksanaan kegiatan kerja bhakti yang dipimpin oleh Kapolsek Curup di RT IX Kelurahan Simpang Nangka.
“Kegiatan ini berhasil diwujudkan atas kerjasama dari Stakeholder masing-masing instansi yg di kedepankan seperti unsur TNI, Pemda, unsur Kesehatan, perangkat Kelurahan Simpang Nangka dan seluruh Masyarakat yang terlibat penuh dalam kegiatan ini,” tutup Kapolres. (CW1)

Iklan

Comments are closed.