Beranda Berita Daerah KSN 2021 Ditiadakan?

KSN 2021 Ditiadakan?

43
0
Kabid Dikdas Dikbud Kepahiang, Nining Fahlewi Pasju, SPt, M.Si,

CE ONLINE – Jika tahun 2020 lalu, Kompetisi Sains Nasional (KSN), masih bisa dilaksanakan walau dengan mengunakan format daring (Online), tahun ini kegiatan yang bertujuan mengukur mutu sistem pendidikan secara nasional, kemungkinan besar akan ditiadakan.

Kabid Dikdas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kepahiang, Nining F Pasju, S.Pt,.M.Si, mengatakan bahwa hingga dengan saat ini petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana kegiatan tersebut belum pihaknya terima dari Kementerian terkait dalam hal ini Kemendikbud RI.
“Idak ado caknyo, biasonyo kalu ado Juklak dan Juknis nyo kini ko lah kami terimo,” ucap Nining.

Dijelaskannya, tidak ada pelaksanaan KSN, yang telah menjadi agenda nasional tahunan Kemendikbud sebagai ajak mengukur prestasi peserta didik terhadap beberapa meta pelajaran itu. Salah satunya disebabkan masih mewabahnya Virus Corona.
“Kalau tahun lalu (2020,red) selain sudah disiapkan, juklak dan juknis yang juga ada, anggarannya juga sudah disiapkan jauh sebelum Covid-19, sehingga kegiatannya masih bisa kita laksanakan walau ada beberapa perubahan format, seperti untuk KSN tingkat Provinsi dan Nasionalnya dilaksanakan secara online,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Nining, untuk tahun 2021, selain belum diterimanya juklak dan juknis dari pelaksanaan KSN 2021, masih terjadinya penularan Covid-19 dibeberapa daerah secara nasional, menjadi dasar dan alasan ditiadakannya KSN 2021.

Namun dibalik itu sampai Nining pihaknya juga masih menunggu jika dalam kurun waktu ini ada petunjuk yang dikeluarkan Pemerintah Pusat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.
“Yang jelas sampai sekarang belum ada petunjuk, tapi siapa tahu nanti ada. Dan selagi petunjuk itu belum kami terima kami juga belum bisa memastikan ada atau tidak, aebagai gambaran biasanya jika ada sekarang ini sudah ada juklak dan juknisnya,” singkat Nining. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: