Beranda Berita Daerah Kepahiang Kasus DBD Vs Covid-19, 1 Berbanding 14,5

Kasus DBD Vs Covid-19, 1 Berbanding 14,5

6
0
Ilustrasi/NET

KEPAHIANG, CE – Selama pandemi covid-19, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kepahiang terus meningkat. Sampai dengan Selasa (21/7), total kasus DBD yang ditemukan sebanyak 145 dan 1 orang diantaranya meninggal dunia.
Angka tersebut jika dibandingkan dengan angka positif Covid-19, yang menjadi fokus perhatian saat ini jauh lebih banyak dengan perbandingan 1 kasus Covid-19 berbanding dengan 14,5 DBD.
“Kasus DBD sampai dengan hari ini (Kemarin,red) sudah mencapai 145 kasus,” Kata Kepala Bidang Pencegajan dan pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang Wisnu Irawan, S.Kep, MM
Dikatakan Wisnu, untuk mengantisipasi penyebaran kasus DBD, selain dengan sosialisasi, pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kegiatan fogging juga terus dilakukan di sejumlah tempat, khususnya wilayah endemik. Hingga dengan sampai Juli ini tambah Wisnu, wilayah terbanyak kasus masih terfokus di Kecamatan Kepahiang,
“Saya lupa detailnya berapa, yang jelas kasus terbanyak di Kecamatan Kepahiang, seperti di Kelurahan Pasar Kepahiang, Sijantung, Dusun Kepahiang, dan Kelurahan Pensiunan,” sebutnya.
Lebih jauh Wisnu menambahkan, penyebaran kasus DBD terjadi setiap saat, ada kecenderungan muncul bukan di wilayah endemik, wilayah yang tadinya bebas DBD saat ini juga ditemukan kasusnya. Seperti ada beberapa desa dalam dalam kecamatan Kepahiang dan pada kecamatan lainnya
Dilanjutkan Wisnu, tingginya kasus DBD yang terjadi di tengah pendemi corona ada kemungkinan karena kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) terabaikan. Karena perhatian saat ini fokus kepada berbagai kegiatan untuk penanganan penyebaran corona dan lainnya. Genangan air di dalam rumah menurut Wisnu, lebih berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk aides aigepty.
“Nyamuk jenis tersebut memang diketahui mencari air bersih, seperti pada bak mandi,” jelasnya.
Untuk menghentikan penambahan jumlah kasus DBD, sebut Wisnu Dinkes Kepahiang, sudah melakukan pengasapan atau foging dan kegiatan PSN di sejumlah lokasi terutama pada sekitar wilayah kasus ditemukan. (CE7)