Berita Kito Nian

Kampung Donor Darah Sudah Berjalan

RENNI/CE
Kantor PMI Rejang Lebong, Dwi Tunggal Curup.

CURUP, CE – PMI Rejang Lebong membentuk kampung donor darah di 3 lokasi. Salah satu yang sudah berjalan di Desa Sumber Urip kecamatan Selupu Rejang. Sedangkan dua desa yang bakal disiapkan yakni Desa Kali Padang dan Kelurahan Simpang Nangka yang juga ada di Kecamatan Selupu Rejang.

Hendra Wahyudiansyah SH

Demikian diungkapkan Ketua PMI Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah SH melalui Joni Riansyah selaku Kabid Administrasi.

Joni menjelaskan pembentukan kampung donor darah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah yang sifatnya mendadak khususnya di Kabupaten Rejang Lebong.

“3 bulan sekali kita lakukan kegitan, karena bulan mei kita puasa, maka untuk priode ketiganya di bulan juli mendatang. Hal ini dibentuk guna memenuhi kebutuhan darah yang sifatnya mendadak,” tambahnya.

Disisi lain, Joni menyebutkan masih minimnya kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah.

“Untuk beberapa bulan ini akan ada sekitar 500 pendonor dari jutaan masyarakat yang ada di Rejang Lebong ini. Berarti cuman 0 % sekian masih jauh dari target yang kita harapkan. Buktinya saja tahun 2018 kemarin hanya 24 % pendonor. Jadi, minat masyarakat untuk mendonor masih minim. Padahal sudah jelas banyak manfa’at bagi pendonor,” imbunya.

Disampaikan Joni dengan adanya kampung Donor darah ini bisa membantu PMI khususnya di Rejang Lebong dalam mensosialisasikan pentingnya donor darah bagi masyarakat.

“Banyak manfaat donor darah bagi masyarakat. salah satunya menstabilkan zat besi yang ada ditubuh pendonor yang berdampak pada kesehatan saat dilakukan donor darah tadi. Jadi, harapannya tahun ini bisa mencapai target yang diharapkan,” pungkasnya. (CW2)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.