Kades Ini Pastikan Setiap Keluarga Dapat Bantuan BLT Covid-19, Kecuali…………….!!

Dedi Ariansyah

KEPAHIANG, CE – Ada yang menarik yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Endah Kecamatan Kepahiang khususnya dalam penanganan Covid-19. Pasalnya, dari 124 KK hanya 16 KK yang tidak diakomodir dalam bantuan dampak Covid-19 khususnya dalam penyaluran BLT.
Dikatakan Kepala Desa Karang Endah Dedi Ariyanto, 16 KK yang tidak diakomodir dan tidak mendapatkan bantuan dampak Covid-19, baik yang bersumber dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten dan bantuan langsung tunai (BLT) yang disediakan melalui Dana Desa (DD) itu hanya mereka yang berstatus perangkar desa dan ASN.
“Ini hasil dari rapat desa yang kami lakukan, dengan pendampingan dari Dinas Sosial Kabupaten, kami sepakati semua warga berhak mendapatkan bantuan dampak Covid-19, baik yang bersumber dari pusat, kabupaten dan atau BLT yang bersumber dari DD,” ungkap Anton –Dedi Ariyanto– biasa disapa.
Dijelaskannya, jumlah rincian masing-masing KK yang mendapatkan bantuan dampak Covid-19 sebagai berikut, 38 penerima BLT Desa, 16 KK penerima BLT Kemensos, 22 Penerima Sembako Jaring Pengaman Sosial dari Pemkab Kepahiang, 1 orang penerima BLT Sosial, sisanya merupakan penerima manfaat PKH dan BPNT.
“Kami mencoba seobjektif mungkin menilai, dengan itu tidak ada masyarakat yang tidak dapat, selagi mereka layak untuk mendapatkannya. Karena itu akhirnya hanya ada 16 KK yang tidak kami akomodir untuk mendapatkan bantuan. Itupun mereka yang berstatus perangkat desa dan ASN,” beber Anton.
Dan diyakininya, tidak ada pula KK yang mendapatkan bantuan ganda. Karena dikerjakan secara objektif dan proporsional, ditegaskan Anton pihaknya juga membuka ruang pengawsan terutama dari masyarakat desa nya sendiri.
Masih dilanjutkan Anton, dari dana desa dan anggaran dana desa yang diterima Desa Karang Endah pada tahun ini (2020) sebesar Rp. 1.148.833.021, Rp 90 juta telah dianggarkan untuk pencegahan dan penangan Covid-19.
Dengan rincian Rp. 70 juta untuk BLT dan Rp 20 juta sebagai anggaran taktis. (CE7)

Iklan

Comments are closed.