Jumlah Penduduk Miskin RL Tertinggi, Urutan Ke-2 Tingkat Provinsi Bengkulu

Ilustrasi/NET

CURUP,CE – Jumlah angka kemisikinan di Kabupaten Rejang Lebong, masih cukup tinggi. Dari data tabel kemiskinan yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Rejang Lebong masuk dalam urutan kedua jumlah angka kemiskinan tertinggi setelah Kota Bengkulu.

“Dari data jumlah penduduk miskin tahun 2017 tertinggi pertam yakni Kota Bengkulu dengan jumlah penduduk miskin yakni 70.160 jiwa, sedangkan Rejang Lebong sendiri berada pada urutan kedua dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 43.850 jiwa,” ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rejang Lebong, Novrizal melalui Kasi Statistik Sosial Hestin Rahmanita SST MSi kepada CE kemarin.

Namun jika dibandingkan pada tahun 2016 lalu, angka kemiskinan di Kabupaten Rejang Lebong telah mengalami penurunan. Dimana pada tahun 2016 jumlah angka kemiskinan di Rejang Lebong mencapai 45.790 jiwa.

“Kalau dipersentasekan, apabila tahun 2016 lalu jumlah penduduk miskin itu berada pada angka 17,81 persen dari jumlah penduduk Rejang Lebong, maka tahun 2017 kemarin persentasenya turun menjadi 16,97 persen,” kata Hestin.

Sementara, pengukuran data kemiskinan itu sendiri diukur dari penghitungan garis kemiskinan. Dimana yang tergolong dalam penduduk miskin yakni penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah garis kemiskinan. Garis kemiskinan sendiri dibagi menjadi dua bagian yakni garis kemiskinan makanan (GKM) dan garis kemiskinan bukan makanan (GKBM).

“Untuk ambang batas penghitungan pengeluaran perkapita sendiri tentunya setiap tahunnya akan meningkat karena meningkatnya harga kebutuhan, dimana jika pada tahun 2016 lalu batas minimal pengeluaran itu sebesar Rp 323.991 sedangkan tahun 2017 kemarin naik menjadi Rp 408.680,” pungkasnya. (CE2)

Comments

comments

Iklan