Jepang Lirik Potensi SDA Lebong

RANDES/CE Bupati dan Wabup saat menyambut rombongan dari Pemkot Toyama Jepang
RANDES/CE
Bupati dan Wabup saat menyambut rombongan dari Pemkot Toyama Jepang

LEBONG, CE – Pada Selasa (22/5) kemarin Pemkot Toyama Jepang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Lebong. Pertemuan dihadiri langsung oleh Bupati Lebong H Rosjonsyah SIp MSi didampingi Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez SH MKn dan dihadiri seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lebong.

Head Environmental Policy Div City Toyama, Thosin Takata melalui penerjemahnya, Betty Aritonang SS MEd mengatakan sepertinya sumber daya alam (SDA) Kabupaten Lebong sektor sungai mulai dilirik investor asing. Seperti yang dilakukan investor asal Jepang ini bakal mengembangkan energi listrik di Sungai Ketahun Kabupaten Lebong.

“Makanya kita minta dukungan dari pemerintah Kabupaten Lebong,” ujarnya. Target oleh PT Nix Corporation akan menghasilkan energi listrik sebesar 13 MW. Sementara rencana operasi akan berjalan pada tahun 2020 mendatang. Dimana lokasi kerjanya mulai dari Sungai Ketahun di Kelurahan Turan Lalang, Kecamatan Lebong Selatan, hingga ke aliran sungai Desa Karang Dapo Atas, Kecamatan Bingin Kuning.

“Sekarang tinggal pihak PLN. Semakin cepat proses tendernya. Maka tidak menutup kemungkinan November mendatang peletakan batu pertama akan dihadiri langsung Walikota Toyama CityJepang,” sambungnya.

Disamping itu, pihaknya juga masih menunggu rencana MOU antara Pemkab Lebong dengan Pemerintah Kota Toyama.  “Kita juga mengandeng perusahaan swasta yang ada di Toyama untuk mengembangkan listrik ini. Diharapkan melalui MOU ini meniadi dasar apa – apa yang menjadi kewajiban kita kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Lebong H Rosjonsyah SIp MSi mengungkapkan, pemkab Lebong sangat mendukung apa yang menjadi rencana dari pemerintah jepang tersebut. Dikabupaten Lebong banyak sektor yakni sektor pertanian, perkebunan dan pariwisata. “Ini sangat jarang kali terjadi. Mungkin ini salah satu langkah kita mempromosikan daerah kita kepada orang luar,” singkatnya. (CE4)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.