Ini Penyebab DD dan ADD Belum Cair

Achmed Chalid
Achmed Chalid

CURUP, CE – Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD) sampai saat ini belum bisa di cairkan hingga Senin (22/4) kemarin. Salah satu penyebabnya lantaran banyaknya desa di Rejang Lebong yang belum melengkapi administrasi untuk proses pencairan tersebut.
“Sampai saat ini belum ada laporan dari pihak desa selesainya semua berkas untuk yang bisa dilakukan pencairan. Dari pantauan kita banyak APBDes yang belum terselesaikan. Jadi bagaimana anggaran tersebut sudah bisa disalurkan sedangkan di kas daerah itu anggrannya sudah disalurkan,” ujar Plt Kepala Dinas PMD Rejang Lebong Achmed Chalid kepada CE.
Menurutnya tidak ada kendala yang terlalu menonjol mengenai terlambat proses pencairan DD maupun ADD. Namun, pihaknya juga selalu pantau dengan melakukan monitoring dan turun langsung ke seluruh pelosok desa di kabupaten Rejang Lebong.
“Pihak kita PMD juga sudah menyampaikan jika butuh pendampingan kita siap bantu. Mungkin kendalanya yang pertama penyesuaian sesuai aturan dari kemendagri di tahun anggaran 2019 ini, serta dengan hajatan besar pilpres maupun pileg serentak di tahun 2019 ini. Karena dari pihak kades juga ditugaskan untuk melakukan monitor agar pemilu ini berjalan dengan baik,” sampainya.
Achmed menyebutkan agar pengelolahan DD berjalan dengan baik, pihaknya juga terus saling berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.
“Nanti setelah proses pencairan ini kita juga akan upayakan penggunaan anggaran baik DD maupun ADD agar dapat digunakan secara optimal. Kita dari pihak pendamping akan membantu baik administrasi dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggung jawab nantinya. Itu akan kita lakukan temuan langsung baik dari pihak kades maupun dari tenaga ahli pendamping desa ini, dan kita akan bekali mereka agar semua bentuk baik dari usulan fisik pembangunan bisa selaras serta meningkatkan kualitas dari pembangunan di desa,” pungkasnya. (CW2)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.