Hewan Kurban Belum Terdata

Ilustrasi/NET

LEBONG, CE – Hingga H-2 Hari Raya Idul Adha 1441 Hijeriah tahun 2020 Masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) daerah Lebong, belum melakukan pemeriksaan data hewan yang akan di kurbankan pada hari besar Islam ini. Dikatakan Kadis Disperkan Lebong Emi Wati SE M.Ak melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh Ferdi Ferdian menyebutkan, hingga saat ini pihaknya hanya sebatas melakukan koordinasi ke tingkat kecamatan terkait persiapan hewan kurban.
“Kita sudah melakukan koordinasi ke tingkat kecamatan untuk menanyakan jumlah hewan qurban. Tapi hingga saat ini pihak kecamatan belum juga menerima data herwan kurban dari setiap desa, jadi belum ada data pasti hewan yang akan di qurbankan pada Idul Adha tahun ini,” katanya.
Dirinya menjelaskan, terkait data hewan kurban pihaknya sudah berupaya menyampaikan kepada pihak desa. Apabila data hewan kurban sudah di data maka segera melaporkan ke pihaknya agar segera ditindaklanjuti pendataanya di tingkat kabupaten. Lanjutnya, mengingat Idul Adha tahun ini di tengah pandemi Covid-19, maka hewan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kelayakan sesuai dengan protokol kesehatan.
“Setelah terdata kami akan melakukan pemeriksaan terkait kelayakan kesehatan hewan yang akan di kurban. Karena kondisi sekarang di tengah pandemi Covid-19, maka hewan harus di periksa kesehatannya sesuai dengan protokol kesahatan. Agar hewan kurban nantinya terjamin kesehatannya untuk dikonsumsikan,” tandasnya. (CE4)

Iklan

Comments are closed.