Hari Pertama Masuk Sekolah, MOS Jangan Lelahkan Siswa

DOK/CE Kegiatan sekolah di Rejang Lebong beberapa waktu yang lalu.
DOK/CE
Kegiatan sekolah di Rejang Lebong beberapa waktu yang lalu.

CURUP, CE – Pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS) disekolah, diharapkan jangan membuat siswa kelelahan. Apalgi kegiatan yang bersifat fisik dan menguras tenaga siswa.

“Kita minta jangan ada sekolah yang lakukan MOS yang bersifat tidak mendidik terlebih menguras fisik,” sampai Kadis Dikbud Rejang Lebong T Samuji SPd.

Samuji menyampaikan jika pengenalan lingkungan bisa dilakukan pihaknya sekolah dengan hanya menyampaikan bahwa ada aturan dan disiplin sekolah yang harus dipenuhi siswa. Dengan itu maka pemaparan disiplin inilah yang harus dilakukan sekolah dengan cara yang bagus dan mendidik.

“Pengenalan lingkungan perlu namun cara yang lebih kreatif dan mendidik itu yang perlu,” katanya. Sementara itu dimana pada hari ini yang menjadi hari pertama masuk sekolah pihak Dikbud akan lakukan pemantauan kepada seluruh sekolah guna memastikan seluruh jajaran dunia pendidikan masuk dan kegiatan pengenalan sekolah bisa berjalan lancar tanpa adanya masalah yang dikeluhkan.

“Jadi kita akan lakukan pemantauan dan ini juga akan langsung kita minta data siswa dan guru yang masuk sekolah,” jelasnya.

Pihaknya sendiri mengetahui dengan pasti jika pada hari pertama masuk sekolah siswa belum akan aktif belajar seperti biasa, namun pada hari tersebut yakni penyusunan data dan mata pelajaran baru karena kenaikan kelas.
“Maka dari itu kendati fakultatif tetap harus seluruhnya masuk sekolah,” ungkapnya.

Karena hari itu juga bisa digunakan oleh pihak sekolah untuk halal bin halal sesama guru dan begitu juga dengan siswa, bagi yang tidak masuk maka sangsinya keras sebagai efek jera. (CE1)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.