Harga Tomat Naik Lagi

HABIBI/CE Petani saat memberikan perawatan buah tomat sebelum panen.
HABIBI/CE
Petani saat memberikan perawatan buah tomat sebelum panen.

CURUP, CE– Kalangan petani khususnya petani pada komoditi tomat kembali bisa bernafas lega. Pasalnya harga tomat di kalangan petani kembali naik sejak beberapa pekan terakhir.

Dikatakan Petani Tomat di area Perkebunan Kelurahan Talang Rimbo Lama, Jumiati mengatakan bahwa saat ini khususnya harga tomat mencapai Rp 7000 – Rp 7.500/ Kgnya. Karena sebelumnya harga tomat di kalangan petani Rp 3000 – Rp 5000/Kg.

“Alhamdulilah harga tomatnya naik berkisar Rp 2000 sampai Rp 2500/kg,” ujarnya saat ditemui wartawan di kebun garapannya kemarin.

Meskipun demikian, harga tomat naik saat ini lantaran produksi tomat atau hasil panen tomat mengalami penurunan karena saat ini musim penghujan yang rentan menggugurkan putiknya termasuk adanya penyakit di dalam buah tomat tersebut.

“Salah satunya karena hasil panen sedikit. Juga dipengaruhi musim penghujan yang terjadi saat ini,” sampainya.
Jumiati menambahkan bahwa pasca mahalnya harga tomat di kalangan petani, dirinya baru sekali melakukan pemetikan buah tomat. Sedangkan pemetikan atau panen buah tomat baru akan dilakukan hingga beberapa hari kedepan.

“Sebentar lagi kita panen lagi,” katanya.

Sementara itu salah satu warga, Rika mengatakan bahwa harga tomat saat ini jika di pasaran ada yang menjual dengan harga Rp 9000 – Rp 10.000/Kgnya. Berbeda halnya dengan kalangan petani. Namun meskipun demikian, tomat juga menjadi kebutuhan.

“Jadi mau tidak mau kita membeli,” tandasnya. (CE5)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.