Beranda Berita Daerah DPMDSos Intruksikan Desa Verifikasi Penerima BLT

DPMDSos Intruksikan Desa Verifikasi Penerima BLT

6
0
Kepala Dinas PMD-Sos Reko Haryanto SSos MSi.

CE ONLINE – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lebong mengintruksikan kepada seluruh desa untuk dapat memulai melakukan verifikasi calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di tahun 2021. Dimana hingga saat ini, kabarnya masih terkendala APBDes.
“Bisa jadi terkendala karena ada agenda pemilihan BPD. Dalam pengajuan (pencairan) nanti, seluruh desa sudah harus menetapkan APBDes 2021,” ujar Kepala Dinas PMD-Sos Reko Haryanto SSos MSi.

Terkait dengan hal tersebut juga pihaknya menegaskan saat ini untuk seluruh Desa di kabupaten Lebong untuk dapat melakukan verifikasi penerima BLT di tahun 2021.
“Verifikasi dan pendataan calon penerima ini dilakukan di 93 Desa se-Kabupaten Lebong,” katanya.

Lanjutnya, verifikasi ini juga ia menegaskan kepada seluruh desa untuk benar-benar mendata sesuai dengan kriteria karena itu guna agar bantuan tersebut tepat sasaran.
“Verifikasi BLT Ini dilakukan untuk memastikan para calon penerima BLT adalah orang yang benar-benar layak menerima,” jelasnya.

Menurutnya, usai menetapkan calon penerima BLT nantinya desa akan menyerahkan nama-nama para penerima itu kepada kecamatan dan dilaporkan ke PMD.
“Nama-nama penerima akan disahkan dan didelegasikan ke Camat. Disini akan dicek kembali. Selain itu, ada juga Monev dari BPD dan Inspektorat,” terangnya.

Selanjutnya kata dia, setelah verifikasi dilanjutkan dengan musyawarah ditingkat Desa dengan melibatkan BPD, Tokoh Masyarakat, Toko Agama dan Pemuda.
“Setiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima 300 ribu rupiah selama 12 bulan kedepan, nama nama yang menerima BLT adalah mereka yang tidak masuk sebagai penerima PKH, warga miskin, bukan penerima BPNT, dan memiliki kartu prakerja,” tutupnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: