Berita Kito Nian

Dorong Pertumbuhan UKM dan Koperasi

IST/CE
Pendamping UKM dan Koperasi Provinsi Bengkulu

BENGKULU, CE – Pemerintah Provinsi Bengkulu hingga saat ini terus berupaya meningkatkan pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi di Provinsi Bengkulu. Salah satunya melalui program pendampingan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu.”Keberadaan Pendamping Koperasi dan UKM sangat fungsional, sehingga seorang pendamping harus memiliki kompetensi dan kempuan dibidang pendampingan serta pengelolaan keuangan,” sampainya.
Dikatakannya bahwa, nantinya pendamping akan menjadi media penghubung antara pelaku usaha dengan akses permodalan. Dimana ini adalah salah satu upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk terus mendorong pengembangan pelaku usaha di Provinsi Bengkulu terutama pelaku usaha Usaha Kecil Menangah dan Koperasi.

“Ketika masyarakat punya potensi untuk membuka suatu usaha baru, maka fungsi pendamping itu harus produktif mendampingi mereka dengan harapan nanti pelaku usaha bisa bertambah, itu yang akan mengangkat ekonomi daerah kita,” katanya.Lebih jauh ia mengatakan bahwa, hadirnya Pendamping Koperasi dan UKM merupakan program pemerintah agar masyarakat sebagai pelaku usaha bisa mengakses modal yang sudah disiapkan pemerintah. Dimana kebijakan pemerintah menurunkan suku bunga dari 24% menjadi 7% kemudian PPH dari 1% jadi 0,5%.
“Sesuai dengan kebijakan Pemerintah menurunkan suku bunga, maka diharaokan para pelaku UKM dapat memanfaatkan program yang disiapkan oleh pemerintah melalui para pendamping,” ungkapnya.
Sementara itu, Rohidin menyebutkan, dari sisi modal kan tersedia, tetapi kadang-kadang pelaku usaha masih sulit mengakses program tersebut. Mulai dari bagaimana caranya untuk mendapat modal dengan bunga rendah, maka fungsi pendamping memfasilitasi pelaku usaha ke sumber modal dab juga termasuk soal perizinannya. (CE2)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.