Beranda Berita Daerah Kepahiang Dinkes Ambil Swab Evaluasi Pasutri Covid-19

Dinkes Ambil Swab Evaluasi Pasutri Covid-19

24
0
Ilustrasi/NET

KEPAHIANG, CE – Kamis (3/9) kemarin Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang melakukan pengambilan sampel swab evaluasi pertama terhadap 2 pasien terkonfirmasi positif Covid 19 warga Desa Suro Baru Kecamatan Ujan Mas Kepahiang. Dikatakan Kabid P2P Dinkes Kepahiang Wisnu Irawan, S.Kep, MM, pengambilan sampel swab terhadap keduanya langsung dilakukan analis di rumah pasien.
“Seharusnya berdasarkan PermenKes yang baru, kalau tanpa gejala, tidak tidak ada lagi swab evaluasi, tapi khusus 2 pasien ini IB dan NP, keduanya berdasarkan informasi yang kami terima, keduanya ada mengalami keluhan,” ungkap Wisnu.
Karena itu lanjut Wisnu, keduanya sudah menjalani masa isolasi selama 14 hari. Dan sudah dilakukan penambahan masa isolasi 4 hari tetap memiliki keluhan sehingga harus dilakukan pengambilan sampel swab evaluasi.

“Hari ini (Kemarin, red) kami sudah mengambil sampel swab evaluasi pertama untuk kemudian kita lakukan pemeriksaan secara laboratorium,” ujarnya.
Harapan Wisnu, hasil pemeriksaan sampel swab evaluasi ini akan dapat menjawab keraguan pihaknya, apakah kedua pasein tersebut masih terpapar covid 19 atau sudah bersih. Apa yang menjadi keluhan pasien bukan lagi karena terpapar virus.
“Kalau bisanya, dan PC PCR Labkes RSMY sudah bagus, 2 sampai 3 hari kedepan sudah dapat kita ketahui hasilnya,” ujar Wisnu.
Karena beberapa hari lalu, sambung Wisnu, pemeriksaan sampel swab di Labkes RSMY, mengalami kendala karena PC PCR terkontaminasi, sehingga harus dibersihkan dan diperbaiki terlebih dulu.
“Informasi yang kami dapat sudah bagus, dan sudah bisa melakukan pemeriksaan kembali,” tukas Wisnu. (CE7)

KLIK JUGA ICON MEDSOS CE DIBAWAH INI: