Beranda Hot News DD Cair Bulan Ini

DD Cair Bulan Ini

3
0
Gunawan Firmansyah S.S0s MSi
Gunawan Firmansyah S.S0s MSi

CURUP, CE – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah S.S0s MSi mengatakan bahwa pencairan Dana Desa (DD) ditargetkan pada akhir bulan Maret ini.

Baca Juga

“Kalau bisa kita targetkan akhir bulan ini pencairannya dan saat ini kita sedang mempersiapkan instrumen,aturan,juklak dan juknisnya,” katanya.
Menurut Gunawan bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pihak desa untuk melakukan pencairan yaitu menyerahkan berkas laporan penggunaan dana desa tahun sebelumnya. Dimana apabila belum diserahkan maka pencairannya akan ditunda.
“Biasanya mereka ini kooperatif artinya persyaratan yang diperlukan untuk pencairan sudah mereka siapkan dijauh harinya karena mereka ada pendamping desa yang membantu mereka, dan sejauh ini belum ada berkas laporan penggunaan dana desa tahun sebelumnya yang masuk kesaya mungkin masih di periksa di kabid saya atau mungkin masih di pegang oleh para pendamping desa yang jelas saat pencairan semua berkas laporan harus diserahkan terlebih dahulu jika tidak ya kita tunda dulu pencairannya sampai mereka menyerahkannya karena kita ingin melihat berapa persen realisasi dari penggunaan dana desa tersebut misalnya pembangunan apa saja yang sudah tercover oleh dana sebelumnya sedangkan untuk laporan fisik sudah diselesaikan di tahun kemaren,” bebernya.
Gunawan juga mengatakan bahwa Dana Desa tahun ini bakal ada kenaikan dari tahun sebelumnya dan dirinya juga menegaskan jika semua persyaratan pencairan sudah siap dan tidak ada masalah maka proses pencairan bakal segera dilakukan.
“Sepertinya ada kenaikan dari tahun sebelumnya misalnya tahun ini Gaji kades itu setara dengan Gol 2 a selain itu juga bagi desa yang sudah mempersiapkan persyaratan seperti perdes ataupun yang lainnya pas waktu pencairan tiba langsung kita cairkan untuk apa kita tahan-tahan nanti mereka tidak bisa membangun desa kalau tidak dicairkan,” jelasnya.(CW1)