Berita Kito Nian

Dana Kelurahan Belum Ada Kepastian

Ilustrasi Dana Kelurahan

CURUP, CE – Hingga saat ini, program dana Kelurahan (DK) masih remang-remang. Diakui pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Rejang Lebong, pihaknya belum menerima intruksi mengenai dana Kelurahan tersebut. Hal ini disampaikan Sekretaris PMD Rejang Lebong Achmed Chalid melalui Kabid Kelembagaan Masyarakat Sosbud dan Pemerintahan Desa, Bobby Harpa Santana.
Baca Juga

“Sampai saat ini belum ada intruksi mengenai dana Kelurahan. Menginat dana Kelurahan ada di bawah kecamatan, anggarannya masih termasuk pada APBD. Tapi, kalau desa pengelolaan anggarannya di APBDes, itu yang akan dikuncurkan pencairan tahap pertama di tahun 2019 ini. Sedangkan, Kelurahan merupakan perangkat kecamatan dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Penetapan tugasnya pun diberikan oleh pemerintah level di atasnya,” ujarnya.
Bobby mengatakan DPMD Rejang Lebong berperan serta pendamping anggaran Desa. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada intruksi masalah anggaran dana Kelurahan. Dan pihak kecamatan turut serta dalam pengawasan.
“Saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) belum tahu berapa besaran anggarannya yang bakal dikucurkan untuk 34 Kelurahan di Rejang Lebong ini,” jelasnya
Sementara itu, Bobby menyampaikan pihaknya akan berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam pemberdayaan masyarakat.
“Saya harap tahun ini dan kedepannya tidak ada lagi kades atau nantipun lurah dilaporkan warganya lantaran penggunaan anggaran yang tidak sesuai peruntukannya,” pungkasnya. (CW2)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.