Berita Kito Nian

Dampak Pembukaan Tes CPNS, Usulan Pindah Domisili Meningkat

Elia Hasanah

KEPAHIANG, CE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepahiang, saat ini melayani permohonan pindah domisi baik pindah datang maupun pindah keluar.

Bahkan tercatat didata, jumlah permohonan pindah keluar meningkat tinggi dibandingkan permohonan pindah datang.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepahiang,Ir Elia Hasanah MSi pada Sabtu (13/10) kemarin. “Dampak adanya pembukaan tes CPNS ini sangat kelihatan, kami sudah memproses 200 lebih usulan pindah pada Bulan September,” sampai Ir Elia.

Ia menjelaskan bahwa usulan pindah tersebut diproses atas permintaan dari warga ke Dinas. “Ada 100 usulan pindah datang yakni warga luar masuk ke Kepahiang, kemudian ada usulan pindah keluar sebanyak 174 usulan selama 1 bulan yakni pada bulan September,” jelas Elia.

Ia juga menjelaskan bahwa proses pengajuan pindah berdasarkan rekomendasi dari pihak berwenang. “Kalau rekomendasi pindah keluar itu diusulkan dan disahkan oleh pejabat berwenang, mulau dari RT atau Kadus kemudian Lurah atau Kades dilanjutkan ke Camat setempat, rekomendasi tersebut langsung kita proses sesuai permohonan yang bersangkutan,” ungkap.

Selain itu ia juga menjelaskan jika permohonan pindah datang juga harus berdasarkan rekomendasi dari Dukcapil setempat.

“Sama hal nya dengan pindah keluar, untuk permohonan pindah datang harus dilampirkan surat permohonan dari yang bersangkutan dan diketahui pejabat berwenang, misalnya usulan pindah datangkeKepahiang harus disertai dengan permohonan pindah yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dari daerah asal, untuk kemudian kami proses,” jelas Elia.

Terkait meningkatnya jumlah permohonan pindah keluar, ia menegaskan bahwa rata-rata permohonan didominasi usulan pindah ke luar kabupaten seperti ke Rejang Levong, Lebong dan Kota Bengkulu, sedangkan usulan pindah keluar Provinsi mulai dari Aceh, Sumatera Selatan, Jakarta, hingga Nusa Tenggara Barat,” demikian Elia.(CE3)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.