CAT Panwascam Digelar Dua Hari, Ini Jadwalnya…….

IKE/CE
Simulasi CAT Panwascam di IAIN Curup, Senin (9/12) kemarin

CURUP, CE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong, Jumat (13/12) dan Sabtu (14/12) mendatang menggelar tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk 270 pendaftar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Di sisi lain, pelaksanaan CAT tersebut akan dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Ketua Bawaslu RL, Dodi Hendra Supiarso S Sos mengatakan bahwa IAIN dipilih sebagai lokasi pelaksanaan CAT, karena IAIN memiliki fasilitas yang mumpuni. Hal ini juga, karena sebelumnya tes CPNS melalui sistem CAT juga dilaksanakan di IAIN Curup.
“Dengan fasilitas yang lengkap dan sudah pernah dilakukan CAT di IAIN Curup, maka kita lakukan kerjasama untuk CAT Panwascam,” sampai Dodi, Senin (9/12) kemarin.
Dodi menyampaikan CAT sendiri akan berlangsung selama dua hari, yakni pada Jumat dan Sabtu. Menurutnya, pelaksanaan dua hari tersebut mengingat pada Jumat merupakan waktu yang singkat. Serta CAT sendiri untuk 270 perserta akan dilakukan dengan enam season, yang masing – masing season berjumlah 50 orang.
“Ini juga karena Lab Komputer IAIN Curup hanya 50 unit yang bisa digunakan,” terangnya.
Dalam CAT sendiri nantinya peserta akan mengisi soal dengan jumlah 100. Dengan durasi waktu pengerjaan 60 menit – 90 menit. Adapun jenis soal dalam pelaksanaan CAT yakni pilihan ganda. Dimana soalnya tidak lain berkenaan dengan seputaran pemilu dan aturan pemilu. Kemudian peserta sendiri akan dilakukan perangkingan nilai.
“Nantinya nilai ini akan digabungkan dengan nilai tes wawancara yang akan kita lakukan pada hari berikutnya,” ujarnya.
Dengan itu bagi mereka yang sudah mendaftar silahkan mempersiapkan diri untuk menghadapi CAT itu, dimana ini sendiri jelas tidak akan ada bantuan dari siapapun, murni apa yang mereka ketahui. Dan bisa dipastikan jika tes ini akan berjalan transparan dan jujur.
“Karena mereka bisa melihat sendiri apa yang mereka kerjakan, dan untuk pengawasan sendiri akan dilakukan ketat, kendati tidak seketat saat CAT CPNS berlangsung,” pungkasnya. (CE1)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.