IST/CE Saat Bupati Lebong membuka TPMT dua di Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya (24/6)

CE ONLINE – Guna meningkatkan program kerja pemerintah kabupaten Lebong, terutama di bidang sektor pertanian, Bupati Lebong Kopli Ansori dalam hal ini turun gunung ke desa Kota baru kecamatan Uram Jaya. Seperti di ketahui, program Tanam Perdana Musim Tanam (TPMT) kedua dalam satu tahun tersebut, merupakan salah satu program yang menjadi prioritas pemerintah kabupaten lebong terutama di sektor Pertanian.

Dalam hal ini Bupati Lebong, Kopli Ansori mengatakan, untuk program Tanam Perdana Musim Tanam (TPMT) kedua dalam satu tahun itu secara langsung bekerjasama dengan pihak Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kota Baru, yang mana program TPMT ini menjadi solusi untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP) dalam mengatasi pengendalian hama penyakit secara terpadu.
“Program yang kita laksanakan ini guna menambah motivasi warga terkhusus desa Kota Baru maupun warga lainnya baik luas taman maupun hasil panen padi per hektar, karena salah satu untuk meningkatkan produktivitas dan hasil panen perlu di lakukan adanya Indeks Pertanaman (IP) dengan adanya tanam dua kali dalam setahun pastinya dapat meningkatkan produktivitas atau hasil panen padi per hektar, dengan itu jika kita meminta kepada Bumdes nantinya dapat bekerja sama dengan pihak swasta sehingga dapat saling menguntungkan secara berkelanjutan dan petani pun memperoleh kepastian,” katanya.

Selanjutnya, Kopli menyebut saat ini sektor pertanian di wilayah Lebong masih terdapat kendala terutama di bidang sarana dan prasarana sehingga saat ini masih belum memadai untuk produktivitas lahan, baik penggunaan benih maupun tingkat kehilangan hasil masih tinggi.
“Karena Sarana dan prasaran bidang pertanian saat ini masih belum maksimal, dikarenakan teknologi yang kita miliki belum optimal, sehinggga untuk tingkat hasil panen masih tinggi masih banyak kehilangan, di karenakan di saat penanganan pasca panen petani masih menggunakan cara tradisional, nantinya akan kita siapkan,” ungkapnya.

Dengan demikian, Kopli berharap dengan di laksanakan tanam perdana ini, bisa menjadi semangat dan contoh bagi masyarakat pertaniaan di Lebong sehingga program pelaksanakan tanam dua kali dalam setahun, bisa mencapai indeks pertamanan (IP) yang lebih baik lagi. (CE8/PRW)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: