Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat Online

Hartati SH

CURUP, CE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Rejang Lebong mengatakan jika pembuatan atau pembetulan akta kelahiran dapat dilakukan lewat online. Dengan mengakses langsung lama Web Disdukcapil Rejang Lebong yang akan mempermudah anda dalam pembuatan tanpa harus antri.
“Kita sudah ada Web resmi untuk sistem pendaftaran akta kelahiran online Pemerintahan Kabupaten Rejang Lebong, ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” sampai Kadis Dukcapil Muradi, melalui Kabid Pencatatan Sipil Hartati SH, Rabu (11/3) kemarin di Rejang Lebong.
Lebih jauh dikatakannya, jika dengan adanya ini maka masyarakat akan dipermudah dalam pengurusan akte kelahiran, ini bisa dimanfaatkan masyarakat Rejang Lebong, yang sedang berada diluar daerah. Namun belum sempat mendaftarkan anaknya akte kelahiran sehingga bisa mendaftarkan lewat ini.
“Ini sendiri pempermudah masyarakat di era digital ini,” ungkapnya.
Dalam Web itu sendiri ada beberapa kolom yang dapat diakses, mulai dari persyaratan, pengecekan akte, pendaftaran. Dimana anda yang gunakan sistem ini sendiri dapat menerima scan dari akte yang tertanda tangani, anda tinggal mencetak saja gambar yang di upload sistem.
“Dia lebih mudah, namun tetap saja data yang dimasukan mereka ini akan diverifikasi oleh kita,” jelasnya.
Bukan hanya itu saja, pihaknya kembali menyeruhkan kepada masyarakat untuk taat dalam administrasi kependudukan, dengan melengkapi data identitas diri, termasuk akte kelahiran, yang menjadi syarat utama dalam pengurusan kelahiran anak di Rejang Lebong. Kendati demikian pihaknya juga mengingatkan pada masyarakat yang datang ingin membuat akte kelahiran atau pembetulan, pihaknya ingin untuk bisa melihat syarat terlebih dahulu pada web tesebut, baru datang pada pihaknya untuk membuat.
“Ini untuk menghindari bulak balik dalam pengeurusan, jika memang seluruh syarat cepat maka akte kelahiran bisa segera diterbitkan,” pungkasnya. (CE1)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.