BPBD Dapat Bantuan Rp 200 juta, untuk Bantuan Banjir dan Longsor

Kondisi banjir di Jalan AK Gani akibat luapan sungai Air Duku beberapa waktu lalu
DOK/CE
Kondisi banjir di Jalan AK Gani akibat luapan sungai Air Duku beberapa waktu yang lalu

CURUP, CE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong mendapat bantuan Rp 200 juta untuk penanganan banjir dan longsor, Minggu (26/5) lalu. Bantuan tersebut diberikan oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (PNPB). Hal ini disampaikan Kepala Dinas BPBD Rejang Lebong, Basuki S.Sos melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Andi Purwanto, SKM.
“Iya, BNPB memberi bantuan Rp 2,25 miliar bantuan itu untuk penanganan banjir dan longsor yang terjadi di provinsi Bengkulu. Dan, bantuan tersebut dibagi setiap kabupaten maupun kota sesuai tingkatan kerusakan akibat bencana. Untuk BPBD Kabupaten Rejang Lebong mendapat bantuan sekitar Rp 200 juta,” ujarnya.
Andi menyampaikan dana tersebut sudah dicairkan pihaknya untuk kegiatan penanggulangan, pencegahan, dan tanggap darurat bencana. Serta, pihaknya juga membagikan bantuan logistik kepada korban yang terdampak bencana banjir maupun longsor.
“Pertama kita lakukan kaji cepat, berdasarkan laporan masyarakat tanggal 26 Mei lalu ada banjir besar dan kejadian longsor. Kedua, kita lakukan penanganan darurat antara lain yang kita lakukan pembersihan kejadian longsor yang didukung oleh berbagai dinas terkait maupun TNI Polri. Kemudian, seperti kejadiannya di Tabarenah, Lubuk Kembang, Talang Gambir kita bersihkan yang memakan waktu 6 sampai 8 hari. Dana bantuan juga kita bagikan logistik, dan membeli pengadaan alat seperti cangkul dan sejumlah alat berat. Serta, 10 buah Handy Talky yang disebut HT,” jelasnya.
Selain bantuan BNPB pihak korban juga mendapat bantuan dari pemerintahan kabupaten Rejang Lebong. Ditambahkannya, kejadian tersebut selain dampaknya kepada masyarakat, juga transportasi dan infrastruktur.
“Selain BNPB ada juga anggaran dari pemkab dan itu sudah dibagikan juga kepada masyarakat yang terdampak. Karena juga berdampak pada infrastuktur atas kejadian banjir dan longsor ini,” pungkasnya. (CE3)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.