Beranda Berita Daerah Curup Metropolis Bawaslu Tindaklanjuti Laporan LSM Pekat

Bawaslu Tindaklanjuti Laporan LSM Pekat

7
0
Logo Bawaslu

CURUP, CE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rejang Lebong menyampaikan jika pihaknya tengah menindaklanjuti soal laporan LSM Pekat Bengkulu terkait dugaan pelanggaran ketidakcermatan pihak KPU Rejang Lebong dalam mengambil keputusan menerima berkas perbaikan SAHE yang hanya dikuasakan. Dimana tindak lanjut tersebut dengan melakukan pemanggilan pihak yang mengirimkan surat terkait kejelasan dari surat tersebut dan kontestasi apa yang menjadi persoalan dari laporan.
“Sehingga kami sampai dengan saat masih memproses laporan tersebut,” sampai Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Yuli Maria, SH. kemarin di Rejang Lebong.
Lebih jauh Yuli menyampaikan jika surat laporan tersebut juga ditembuskan pada Sentral Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) Rejang Lebong, sehingga dengan itu maka untuk Gakkumdu maka pihaknya sendiri menindaklanjuti dengan cara pemanggilan pelapor dengan membuat laparan resmi terkait hal tersebut, baru akan pihaknya tindaklanjti. Pasalnya persoalan sendiri harus diperjelas apa kontestasi yang dilaporkan dan siapa yang dilaporkan.
“Sehingga kami minta mereka untuk kembali melapor secara resmi pada Gakkumdu,” ungkapnya.
Sementara itu Ketua Bawaslu Rejang Lebong Dodi Hendra Supiarso menyampaikan, jika laporan tersebut benar adanya yang saat ini sedang pihaknya proses, namun tekait hasil nantinya pihaknya akan menjalankan tatanan sesuai dengan aturan terlebih dahulu, baik hal ini sendiri melanggar atau tidak dari pihak KPU yang menjadi terlapor.
“Karena jangan sampai masyarakat menilai apapun itu yang sampai pada Bawaslu sudah positif salah atau menjadi tersangka, yang mana Bawaslu sendiri jika ada laporan akan ditindaklanjuti sesuai dengan ranah dan aturan yang memang ada,” pungkasnya. (CE1)