Basarnas Gelar Latihan Potensi SAR di Ketinggian

Sambutan Inspektur Basarnas Chanlan Adilane SIP MAP
Sambutan Inspektur Basarnas Chanlan Adilane SIP MAP

Di Rejang Lebong

SELUPU REJANG, CE – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Wilayah Bengkulu Jumat (13/03) kemarin menggelar pelatihan Pertolongan di Ketinggian bagi potensi SAR yang ada di Rejang Lebong. Dimana pelatihan tersebut pertama kali dilakukan di Balai Pertemuan Pok Darwis Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba Rejang
“Ini untuk yang pertama kali kita lakukan di Rejang Lebong, dan kita ingin ini benar – benar dimanfaatkan,” sampai Inspektur Basarnas Basarnas Chanlan Adilane SIP MAP.

Dimana dirinya menyebut bahwa Kabupaten Rejang Lebong memiliki potensi bencana yang cukup tinggi dalam hal ketinggian. Pasalnya wilayah Rejang Lebong miliki kontur yang berbukit sehingga bisa saja terjadi kecelakaan bahkan longsor kejurang. Oleh karena itu, pelatihan menjadi salah satu upaya Basarnas untuk memperkuat dan mempertajam kemampuan anggota SAR.

“Dengan itu kita minta agar ini dapat dimanfaatkan untuk pertolongan dalam hal – hal bencana yang bersifat ketinggian, baik kecelakaan, maupun bencana lainnya,” katanya.

Dikatakanya, jika bencana ini bisa menimpa siapa saja, dimana saja, dan tidak dapat diprediksi, dengan itulah maka diberikan bekal kepada masyarakat dibidang SAR. Hal ini sendiri adalah satu upaya yang dilakukan pihaknya dalam fungsi pembinaan yang ada pada Basarnas.
“Lewat pelatihan pertolongan diketinggian ini akan diberikan pembentukan fisik dan mental, serta menyamakan persepsi dan pola pikir menghadapi musibah yang terjadi kedepannya,” ujarnya.

Dimana pihaknya berharap dengan banyaknya potensi SAR pencarian dan pertolongan yang kompeten maka dapat melakukan tindakan sigap saat bencana terjadi sehingga dapat melakukan upaya meminimalisir jumlah korban jiwa dalam bencana.

“Tujuan kita lebih banyak yang mampu dan berkompeten dibidang SAR, dengan sertifikat pelatihan, maka mampu melakukan pencegahan atau pertolongan dalam bencana apa saja, temasuk dalam bencana yang berhubungan dengan ketinggian,” ungkapnya.

Sementara itu Sekda Rejang Lebong H RA Denni SH MM dalam sambutanya menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan yang diberikan pihak Basarnas tersebut dapat membantu pemerintah Rejang Lebong dan masyarakat Rejang Lebong dalam kesigapan siaga bencana, terlebih mengenai pencarian dan pertolongan.

“Dari itu kita minta peserta yang ikut, manfaatkan dengan baik, serta selama pelatihan akan cukup menguras energi, kita minta peserta dapat menjaga kesehatan,” ujarnya.

Di sisi lain, atas nama pemerintah Sekda mengucapkan terima kasih pada Basarnas yang selalu memberikan dukungan penuh pada Rejang Lebong, dalam meningkatkan pencegahan dan penindakan terhadap potensi bencana, serta bencana atau musibah yang akan terjadi di Rejang Lebong.

“Terimakasih kepada Basarnas yang telah memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan saat ini, karena ini sendiri sangat diperlukan di Rejang Lebong mengingat tugas dari petolongan bencana bukan hanya Basarnas, namun juga pemerintah dan masyarakat,” tandasnya. (CE1)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.