Beranda Berita Daerah Kepahiang Baru Tujuh Desa Cairkan DD Tahap II

Baru Tujuh Desa Cairkan DD Tahap II

35
0
Ir Ris Irianto

KEPAHIANG, CE – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyatakat Desa (PMD) Kepahiang Ir. Ris Irianto, mengungkapkan jika sampai dengan minggu ke 3 Juni, baru ada 23 Desa yang sudah mengajukan pencairan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahap 2 (Dua).
Dijelaskannya, dari 27 desa yang sudah mengajukan, 7 desa diantaranya sudah melakukan proses pencairan dan sudah memanfaatkan anggaran tersebut. Sementara 16 desa lainnya sedang dalam tahap pengajuan pada Badan Keuangan Daerah (BKD).
“Saya lupa desa desa mana saja yang sudah mengajukan dan sudah mencairkan untuk total keseluruhan yang sudah mengajukan ada 23 desa dan 7 desa dianyatanya sudah melakukan pencairan,” ungkap Ris.
Dijelaskannya, total DD/ADD yabg dicairkan pada tahap kedua ini, sebesar 40 persen dari besaran DD/ADD yang diterima untuk masing masing desa.
“Untuk proses pengajuan sudah kami sampaikan dari 1 bulan lalu,” ujarnya.
Untuk syarat pengajuan, lanjutnya, tidak wajib harus melampirkan laporan pertanggungjawaban (LPj) pengunaan pengunaan DD/ADD, tahap 1 hingga 100 persen. Cukup hanya dengan melampirkan rencana penggunaan anggaran saja.
“Untuk LPj 100 nanti, setelah akan mengajukan pencairan tahap 3, untuk tahap 2 ini cukup dengan rencana penggunaan anggaran saja, sudah bisa Pemdes mengajukan,” sebutnya.
Meski tidak menyebutkan pembatasan waktu untuk pengajuan pencairan DD/ADD tahap 2, Ris Irianto, tetap menghimbau Pemdes untuk segera melakukan pengajuann pencairan DD/ADD tahap 2. Dilanjutkannya, ini penting dalam membantu Pemdes dalam mempercepat proses serapan anggaran DD/ADD 2020.
“Apalagi dalam dalam masa pandemi seperti sekarang ini, Pemdes kan punya kewajiban untuk mengeluarkan BBT yang dibiayai melalui DD. Jadi lebih cepat mengajukan akan lebih baik,” singkatnya. (CE7)