Ada 20 Wajah Baru di DPRD Rejang Lebong

Daftar anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong terpilih periode 2019-2024
Daftar anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong terpilih periode 2019-2024

CURUP, CE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong pada Senin (22/7) siang menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten RL periode 2019-2024 hasil Pemilu serentak 17 April 2019. Berdasarkan rapat pleno tersebut diketahui dari 30 anggota dewan terpilih 20 diantaranya wajah baru. Sedangkan dari kalangan incumbent hanya 10 orang bertahan.
Adapun 20 wajah baru yang ditetapkan sebagai Caleg terpilih yakni Arpan Toni dari PKB, Metalia Trinainingsih dari Demokrat, Netty Yuliani dari Perindo, A Ardiansyah dari Partai Nasdem. Kemudian Fetty Monica SE dari PKS, Dra Nurul Khairiah MSi dari Demokrat, Panca Kurniawan dari Perindo, Benny Heryanto ST dari Nasdem.
Selanjutnya Destiansyah dari PDIP, Nirwan Paraji S Sos dari Nasdem, Henni Popiani dari Golkar, Asli Matap dari PAN, Mardin dari Perindo, Handri S Sos dari Hanura. Kemudian Lukman Effendi dari Golkar, Eddy Irawan dari Demokrat, Juwita Astuti dari PAN, Hidayatullah dari PKS, Putra Mas Wigoro SE SH dari Perindo dan Sanusi Pane dari PKB. Sedangkan 10 Caleg incumbent yang kembali duduk yakni Guntur Utama Jaya dari Gerindra, Ngadiono dari PDIP, Suhardin dari Hanura, AA Khadir Harapan dari Golkar. Mahdi Husen dari Partai Golkar, Zane Ari Bakti SH dari PDIP. Selanjutnya yakni M Yusuf dari Demokrat, M Ali ST dari Gerindra, Surya ST dari PDIP dan Wahono SP dari Golkar.
Ketua KPU Kabupaten RL, Drs Restu S Wibowo mengatakan bahwa pleno yang digelar kemarin, berdasarkan surat KPU Republik Indonesia nomor 1027 yang diterima KPU RL tertanggal 17 Juli 2019.
“Hari ini (kemarin, red) merupakan hari ini terakhir. Kalau lewat dari batas yang waktu ditentukan, KPU melanggar dan berdasarkan surat 1027 dari KPU RI tanggal 17 Juli 2019 kemarin maka kita tetapkan,” sampai Restu.
Menurut Restu, bahwa dalam rekapitulasi tersebut Partai Golongan Karya (Golkar) menjadi partai pemenang Pemilu serentak 17 April 2019. Dimana berdasarkan pleno tersebut Golkar berhasil meraup 20.877 suara.
“Pemenang Pemilu partai Golkar,” kata Restu.
Lanjut Restu bahwa tahapan selanjutnya pasca pleno sendiri, nanti hasilnya akan diserahkan kepada Gubernur melalui Bupati Rejang Lebong yang akan ditembuskan juga ke Bawaslu, DPRD RL. Sementara itu terkait LHKPN dari Caleg terpilih, menurut Restu semuanya sudah menyerahkan kepada KPU RL. Karena kalau tidak menyerahkan LHKPN 7 hari setelah penetapan, maka para Caleg terpilih terancam batal dilantik.
“Alhamdulillah khususnya di Rejang Lebong semua sudah menyerahkan,” sampai Restu.
Sebelumnya Sekretaris DPRD RL, Ir Zulkarnain MT menjelaskan bahwa masa bakti anggota dewan periode 2014-2019 akan berakhir pada 24 Agustus mendatang. Bertepatan dihari berakhirnya masa anggota dewan, juga akan dilakukan pelantikan terhadap 30 Caleg terpilih hasil Pemilu serentak 17 April 2019.
“Anggota dewan sekarang akan berakhir tanggal 24 Agustus mendatang dan langsung akan melakukan pelantikan terhadap 30 Caleg terpilih periode selanjutnya. Hanya saja, kita menunggu hasil pleno penetapan dari KPU Rejang Lebong,” ujar Zulkarnain.
Pantauan CE, pleno penetapan tersebut selain dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU juga dihadiri oleh perwakilan Parpol beserta LO termasuk perwakilan dari Badan Kesbangpol RL. (CE5)

Comments

comments

Iklan

Comments are closed.