Beranda Berita Daerah Kepahiang 35 HA Lahan Persawahan Jadi Lahan Tidur, Warga Embong Sido Swadaya Bangun...

35 HA Lahan Persawahan Jadi Lahan Tidur, Warga Embong Sido Swadaya Bangun Irigasi

34
0
JACK/CE Gotong royong swadaya bangun irigasi

CE ONLINE – Bermimpi mengembalikan kejayaan sebagai desa swasembada beras di Kabupaten Kepahiang, yang sudah lebih 7 tahun hilang akibat jaringan irigasi yang sudah tidak berfungsi lagi, Pemerintah Desa Embong Sido Kecamatan Bermani Ilir Kepahiang, bersama warga setempat Sabtu (24/10) secara swadaya kembali bergotong royong memperbaiki saluran irigasi tersebut.

JACK/CE Gotong royong swadaya bangun irigasi.

Dikatakan Penjabat Sementara (Pjs) Kades Embong Sido Iwan Zamzam bahwa lahan persawahan yang sudah menjadi lahan tidur karena tidak ada pasokan air akibat ambruknya saluran irigasi tersebut, lebih kurang 35 Hektar (Ha).
“Dulu desa ini (Embong Sido, red) pernah swasembada beras, bahkan dalam 1 tahunnya bisa sampai ratusan ton,” ungkap Iwan Zamzam yang juga menjabat sebagai Kabag Pemerintahan Setdakab Kepahiang.

Namun dikatakannya, sejak jaringan irigasi yang sebelumnya mengaliri air untuk 35 Ha persawahan jebol 7 tahun silam, produksi beras menjadi berkurang. Lahan persawahan banyak dibiarkan menjadi lahan tidur tidak produktif dan sebagian lagi menjadi lahan perkebunan kopi.

“Permasalahan ini dibiarkan saja tidak pernah diperbaiki dan tidak pernah dilaporkan pada pemerintah,” ujarnya.
Dan permasalahan ini, baru diketahui dirinya, sejak dirinya ditunjuk sebagai Pjs Kades beberapa waktu yang lalu. Sementara anggaran dana desa (DD) sudah diaplikasikan untuk kegiatan yang lain.

“Permasalahan ini juga sudah saya sampaikan kepada OPD terkait, dan 2021 sudah ada janji untuk dilakukan perbaikan,” sebutnya.
Hanya saja, sampai dengan janji itu direalisasikan, tegas Iwan, dirinya bersama dengan warga desa setempat, berinisiatif untuk memperbaiki terlebih dahulu dengan cara swadaya.

“Setidaknya sampai dengan realisasi perbaikan, kami sudah bisa panen 1 kali, dan ini disambut antusias oleh warga kami,” ujarnya.
Dengan akan kembali lagi berfungsi saluran irigasi tersebut. Tegas Iwan Zamzam, mimpi Desa Embong Sido, menjadi desa swasembada berasa di Kabupaten Kepahiang akan kembali terwujud sama dengan tahun 90 an. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: