Beranda Hot News 105 Desa Sudah Ajukan ADD/DD Tahap I

105 Desa Sudah Ajukan ADD/DD Tahap I

46
0
Ilustrasi/NET

CE ONLINE – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa (PMD) Kabupaten Kepahiang Ir, H. Ris Irianto, M.Si, menyampaikan apresiasinya terhadap 105 Pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Kepahiang. Disebut Ris sampai dengan kemarin, ke 105 desa tersebut seluruhnya sudah mengajukan persyarataan penarikaan anggaran dana dasa (ADD) 2021 dan dana desa (DD) tahap I.
“Alhamdulillah, semua desa sudah mengajukan pencaairan ADD dan DD, saat ini sebagian besarnya masih dalam tahap verifikasi dikami (PMD, red),” tutur Ris Irianto.

Walau semua Pemdes sudah mengajukan usulan pencaairan ADD dan DD. Sambung Ris, berkas ajuan yang sudah dinyatakan lengkap dan sudah diserahkan pihaknya ke BKD untuk proses SP2D baru sebanyak 27 desa.
“Kalau ditanya sudah berapa desa yang melakukan penarikan, kami tidak tahu, yang jelas untuk berkas yang sudah kami lanjutkan hingga BKD sudah ada 27 berkas,” ujarnya.

Diharapkan Ris, Pemdes yang sudah melakukan penarikan ADD dan DD, untuk bisa segera menjalankan kegiatan yang sudah tersusun dalam APBDes masing masing, dengan tidak melupakan kewajiban untuk melakukan pembayaran batuan langsung tunai (BLT) DD sesuai dengan jumlah KPM yang diusulkan masing-masing yang besarannya Rp 300 ribu/KPM.
“Kewajiban yang harus didahulukan BLT DD, honor/gaji perangkat desa, serta pelaksanaan kegiatan hasil Musdes, dan jika semua itu selesaai, Pemdes sudah bisa kembali mengajukan penaarikan DD tahap berikutnya, kami dari PMD hanya akan melakukan pengawasan saja agar ADD dan DD yang diterima masing masing desa dapat digunakaan sesuai dengan aturan dan tepat guna,” singkatnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: