Beranda Tips Sehat Tanda Kanker Testis

Tanda Kanker Testis

28
0

Kanker testis merupakan sebuah jenis kanker yang terjadi pada pria dengan rentang usia antara 15 hingga 49 tahun. Memang jenis kanker ini tidak begitu sepopuler kanker paru-paru atau kanker prostat, namun tetap saja sel-sel yang tumbuh secara tak wajar di bagian testis ini sangat berbahaya.

Testis sendiri adalah organ berbentuk oval dan merupakan organ seks pada pria yang ada pada kantong kemaluan atau skrotum.  Pria tentu membutuhkan organ testis ini agar bekerja dengan baik demi kelancaran sistem reproduksi mereka sebab sperma serta hormon testosteron keduanya dihasilkan oleh organ ini. Tak salah lagi bahwa fungsi seksual seorang pria ditentukan oleh sperma dan hormon testosteron tersebut sehingga testis memainkan peran yang begitu penting.

Lalu, gejala awal kanker testis apa saja yang harus diwaspadai sehingga bisa ditangani sedari dini sebelum menyebar lebih serius?  Berikut ini ulasannya, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (19/2).

1. Kanker testis paling umum berkembang di sel germinal
Sel germinal adalah sel yang membuat sperma. Menurut ACS (American Cancer Society ) lebih dari 90 persen dari kasus kanker testis berkembang di sel-sel ini yang dipecah menjadi dua jenis utama yakni seminoma dan non-seminoma.  Ada juga jenis tumor yang berasal dari campuran kuman yang mengandung kedua jenis sel ini. Jenis tumor ini adalah umum di banyak kasus kanker testis.
2. Sel germinal abnormal bisa berkembang menjadi kanker invasif
Sebelum kita meninggalkan topik sel germinal, penting untuk mengetahui bahwa kanker testis kadang-kadang dimulai sebagai bentuk non-invasif dari penyakit yang disebut karsinoma in situ (CIS).  Menurut ACS, mendeteksi CIS sebelum menjadi kanker invasif adalah sulit karena sering tidak ada gejala. Jika CIS tidak menjadi invasif, sel-sel kanker bisa menyebar ke kelenjar getah bening melalui saluran limfatik atau melalui darah.
3. Kanker testis juga bisa berkembang dalam sel lainnya
Sel-sel stroma di testis bertanggung jawab untuk memproduksi hormon seks pria dan mereka juga bisa menjadi titik awal terjadinya kanker testis.
4. Jenis lain dari kanker bisa menyebar ke testis
Kanker testis sekunder terjadi ketika jenis lain dari kanker menyebar dari organ yang berbeda ke testis. Yang paling umum adalah limfoma, tetapi kanker prostat, paru-paru dan kulit bisa menjadi sumber lainnya.
5. Ada tanda-tanda awal kanker testis
Beberapa tanda-tanda kanker testis relatif jelas yakni benjolan atau sakit di testis. ACS mengatakan beberapa pria mungkin mengalami payudara membesar atau sakit. Ini adalah akibat dari meningkatnya kadar dari jenis hormon yang merangsang perkembangan payudara.
6. Ada beberapa cara untuk mendiagnosa dan mengobati kanker testis
Meskipun kadang-kadang bisa sulit untuk mendeteksi kaker testis, ada beberapa cara agar dokter bisa mendiagnosa kanker ini.  Tes pertama adalah USG yang bisa mendeteksi tumor. Ada juga tes darah yang bisa menemukan tingkat tinggi protein tertentu yang terkait kanker testis.  Adapun pilihan pengobatan lain bisa berupa operasi, terapi radiasi, kemoterapi dan kemoterapi dosis tinggi ditambah dengan transplantasi sel induk.(fny/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here